Sisipan Tausiah H Siswadi Abdul Rochim MBA, dalam Ikhtiar Mewujudkan Masjid Ramah Disabilitas

Sisipan Tausiah H Siswadi Abdul Rochim MBA, dalam Ikhtiar Mewujudkan Masjid Ramah Disabilitas

Bekasi, kabarnusa24.com – H. Siswadi Abdul Rochim MBA, sampaikan tausiahnya dalam acara ikhtiar mewujudkan Masjid ramah Disabilitas, acara yang nantinya akan menjadi agenda rutin DKM Masjid Baitul Makmur dalam meningkatkan rasa kekhusuan menjalankan ibadah sholat, dalam tausiahnya mengajak kepada semua jamaah yang turut hadir:

1. Songsong bulan Ramadhan dengan penuh rasa suka ria

Menyambut bulan suci ramadhan, kita songsong dengan penuh suka ria. Sebagaimana Firman Allah SWT. didalam surat al- Baqarah ayat 183

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

 

Yaa ayyuhal laziina aamanuu kutiba ‘alaikumus Siyaamu kamaa kutiba ‘alal laziina min qablikum la’allakum tattaquun

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Takwa dalam kamus besar Indonesia ( KBBI) adalah meninggalkan larangan NYA dan mengerjakan perintah NYA.

Dijelaskan juga dalam Tafsir Muashaf takwa itu adalah kendaraan kita kepada Allah SWT sehingga kita selalu melakukan kebajikan, dan senantiasa melaksanakan amal sholeh dan takwa banyak hikmah dan manfaat.

Rizki itu diberikan kepada orang-orang yang bertakwa dalam Qs. Attoha: 132,

QS. Taha Ayat 132

وَأْمُرْ اَهْلَكَ بِالصَّلٰوةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَاۗ لَا نَسْـَٔلُكَ رِزْقًاۗ نَحْنُ نَرْزُقُكَۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوٰى

132. Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan salat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertakwa.

 

2. Tingkatan derajat ketakwaan

1. Muslim adalah berserah diri kepada Allah SWT. setelah berserah diri naik menjadi mukmin
2. Mukkmin itu adalah orang yang imannya kokoh. Setelah mukmin naik lagi menjadi solihin.
3. Solihin yaitu menjadi orang yang soleh.
4. Mukid adalah orang yang bertakwa
5. Imam Lilmuttakin adalah panutan orang orang yang bertakwa
6. Mukorobin adalah orang orang yang senantiasa dekat dengan Allah SWT.

Selanjutnya saya ingin menyapa kepada teman teman disabilitas, saya selalu diingat kan oleh Qs. Al-Baqarah : 286

yang Artinya Allah tidak akan membebani kepada seseorang hambanya diluar batas kesanggupannya. Intinya adalah bersyukur bahwa ini adalah hamba hamba yang kuat, karena kunci kebahagiaan adalah bersyukur.

 

3. Bagaimana Menjadikan Masjid Ramah Disabilitas

Adalah tugas kita bersama untuk lebih meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang memiliki keterhambatan dan keterbatasan dalam menjalankan ibadah, sehingga bisa lebih meningkatkan rasa kenyamanannya dalam beribadah.

Bagaimana masjid itu ramai disabilitas, yang paling sederhana adalah disabilitas fisik yaitu teman teman kita yang mengalami keterhambatan pada kaki, yang mengunakan kursi roda, selanjutnya disabilitas tuli yang menggunakan bahasa isyaratisyarat dan lain lain.

Yang dimaksud adalah memenuhi fasilitas yang dibutuhkan bagi para penyandang disabilitas untuk dapat melaksanakan ibadah solat dengan penuh rasa kenyamanan, membangun nilai-nilai ketakwaan kepada Allah; dan tempat untuk memanifestasikan nilai-nilai ketakwaan tersebut melalui fungsi sosialnya. Begitu kata bapak H. Siswadi Abdul Rochim, MBA yang juga Dewan Penasehat PPDI. Dalam penyampaiannya sebagai nara sumber dalam acara Ikhtiar Mewujudkan Masjid Ramah Disabilitas yang di gelar oleh Dewan Kemakmuran Masjid Baitul Rahman yang terletak dalam lingkungan Perumahan Talaga Sakinah Desa Telaga Murni Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Minggu 19/03/2023

(SRM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *