Jelang Ramadan 2023, Babinsa Koramil Tapen Pelopori Tradisi Bersih-bersih Masjid

Jelang Ramadan 2023, Babinsa Koramil Tapen Pelopori Tradisi Bersih-bersih Masjid

Bondowoso – kabarnusa24.com.

Sudah menjadi tradisi, menjelang Ramadan, masyarakat Desa Kalitapen melaksanakan gotong royong bersih-bersih tempat ibadah.
Baik di musala, langgar maupun masjid.

Mempertahankan tradisi itu, Serka Tri Suhariyono dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0822/11 Tapen mempelopori bersih-bersih masjid Al Hikmah Desa Kalitapen Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso, Selasa (21/3).

Serka Tri dan rekan Babinsa selain ikut bersih-bersih masjid Al Hikmah di desa itu, juga menyemangati masyarakat agar semangat dan gembira menyambut Ramadan. Seperti biasa di bulan Ramadan aktivitas ibadah umat muslim meningkat.

Selain melaksanakan perintah puasa, juga mengerjakan sunnah-sunnah seperti salat tarawih dan membaca Alquran, baik secara individu di rumah maupun tadarus di Musala, langgar dan masjid.

Kegiatan gotong royong bersih-bersih masjid pun disambut antusias masyarakat. Mereka membersihkan lantai masjid, karpet, hingga perabotan lainnya.

Menurut Serka Tri, semangat bersih-bersih masjid menyambut bulan Ramadan, merupakan tradisi mayoritas umat Islam. Jika di bulan biasa, bersih-bersih dilakukan marbot masjid, menjelang Ramadan dibersihkan secara gotong royong, untuk pembersihan lebih detil, baik di dalam bangunan maupun di luar bangunan dan masjid. Gotong royong budaya di masyarakat, dalam memperkuat kebersamaan, persaudaraan serta silaturahim.

Kehadiran Babinsa di tengah masyarakat binaan, juga diharapkan menjadi solusi dalam setiap permasalahan di masyarakat.
“Ini salah satu tugas pokok sebagai aparat Teritorial, sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat terus terjaga dengan baik,” kata Serka Tri.

 

(Pendim0822/AR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *