Amalan Kebaikan Sesama Muslim ketika Hidup di Dunia Yang Dapat Menghapus Dosa (Part 1)

Amalan Kebaikan Sesama Muslim ketika Hidup di Dunia Yang Dapat Menghapus Dosa (Part 1)
Foto istimewa Habib Muhammad Bin Anis Syahab

Amalan Kebaikan Sesama Muslim ketika Hidup di Dunia Yang Dapat Menghapus Dosa (Part 1)

Kabarnusa24.Com, Semua dari kita pasti mengakui kalau dosa kita banyak sekali, tidak sebanding dengan amal kita.

Namun, berkat kedermawanan Allah SWT, Allah menjadikan amal-amal yang kecil sebagai penghapus dosa yang banyak, diantaranya :

Pertama.., Membantu saudara sesama muslim.
Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya barangsiapa berusaha membantu hajat/keperluan saudaranya sesama muslim baik berhasil maupun tidak, niscaya diampuni dosa-dosanya yang terdahulu dan yang akan datang, dan dicatat baginya dua kebebasan: kebebasan dari neraka dan kebebasan dari sifat munafik.”

Membantu saudara muslim banyak macamnya, contohnya: mencarikan teman kerja, memberi pinjaman kepada saudara yang butuh berhutang, dll.

Dan yang perlu kita cermati, dalam hadist tersebut Allah SWT tidak mensyaratkan usahanya itu harus berhasil. Baik usahanya berhasil maupun tidak, Allah tetap memberi balasan kepada orang tersebut. MasyaAllah…

Kedua.., Berjabat tangan sambil bersholawat.
Rasulullah SAW bersabda : “Tidaklah dua orang muslim bertemu kemudian saling berjabat tangan dan bershalawat kepadaku, maka tidaklah mereka berpisah dari tempat pertemuan tersebut kecuali dosa mereka telah diampuni oleh Allah.” (H.R Ibnu Hibban)

Demikian indahnya agama Islam. Hanya dengan berjabat tangan bisa menyebabkan diampuni dosa-dosanya.

Itulah bedanya orang yang mengucap “Laa ilaha illallah” dan yang tidak mengucapkannya. Maka dari itu kita tidak bisa mengatakan “Apalah artinya sebuah ucapan?”, karena perbedaan orang yang mengucapkan “Laa ilaha illallah” dan yang tidak mengucapkannya seperti antara langit dan bumi.

Contohnya, orang yang terpeleset, jika ia adalah orang yang telah mengucap “Laa ilaha illallah” jika ia bersabar maka ‘terpeleset’ itu bisa menjadikannya mendapat pahala, tapi orang yang tidak mengucapkannya, ketika ia terpeleset maka itu hanya menjadi ‘apes’ (sial) baginya.

Kita tidak tahu amal kita yang mana yang menyampaikan kita ke surga, Bisa jadi kita masuk surga karena jabat tangan.

Semoga Allah menghapus dosa-dosa kita, mengganti catatan keburukan kita dengan kebaikan…Aamiin.

Bersambung..,

Sumber : Kutipan Ceramah Habib Muhammad Bin Anis Syahab

Yt-Wa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *