Manfaat dan Keutamaan Jika Konsumsi Buah Semangka

Manfaat dan Keutamaan Jika Konsumsi Buah Semangka
Gambar Buah Semangka

Manfaat dan Keutamaan Jika Konsumsi Buah Semangka

Kabarnusa24.com, Buah Semangka adalah salah satu buah yang bebas lemak karena kadar gula yang terkandung dalam buah semangka juga terbatas namun memiliki air yang berlimpah. Kandungan air dan zat kalium yang terkandung dalam buah semangka serta antioksidan dan vitamin C, provitamin A.

Semangka termasuk dalam keluarga buah labu- labuan (Cucurbitaceae) dan memiliki sekitar 750 jenis. Tanaman ini merupakan tanaman semusim yang hidupnya merambat dan memiliki anekaragam jenis seperti semangka merah, semangka kuning, semangka biji dan semangka non biji.

Buah ini cocok untuk ditanam di daerah atau tempat dengan suhu kurang lebih 25 derajat celcius pada siang hari. Jadi, jika kita ingin budidaya semangka kita tidak perlu takut dengan kondisi lahan kita karena memang tanaman ini bisa tumbuh di daratan dataran tinggi ataupun dataran rendah.

Manfaat dan Keutamaan Jika Konsumsi Buah Semangka
Kitab At-Tadzkirah karya Imam Al-Qurtubi

Dalam salah satu riwayatnya Rasulallah SAW bersabda : “Wahai Ali, Rajinlah memakan buah semangka karena airnya dari Surga dan rasa manisnya adalah rasa manis surga, setiap hamba yang memakan satu suap saja buah ini, Alloh memasukan kedalam perutnya 70 macam obat dan mengeluarkan dari perutnya 78 jenis penyakit.

Untuk satu suap alloh mencatat untuknya 10 kebajikan dan menghapus darinya 10 keburukan(kejahatan) dan mengangkatnya 10 derajat.”

kemudian rasulalloh SAW membaca surat Ash-shaffaat aya 146 : “dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu.”

beliou bersabda : “labu dan semangka adalah buah dari surga.” (kitab At-Tadzkirah, imam Al-Qurtubi)

Semangka mengandung senyawa likopen, fungsinya adalah untuk membantu memelihara kesehatan jantung. Semangka bisa membuat aliran darah dalam jantung menjadi lebih maksimal, memelihara sel dalam tubuh, mengurangi tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang sering menyebabkan serangan jantung.

 

Sumber : Kajian kitab At-Tadzkirah Karya Imam Al’Qurtubi. – Oleh : Ust.Isyam Syamsudin Spd,i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *