Daerah  

Ratusan Massa Petani Ijen Bersatu (Petinju) Datangi DPRD Dan Pemkab Bondowoso Sampaikan Tiga Tuntutan Terkait Pupuk Subsidi.

Ratusan Massa Petani Ijen Bersatu (Petinju) Datangi DPRD Dan Pemkab Bondowoso Sampaikan Tiga Tuntutan Terkait Pupuk Subsidi.

Bondowoso – kabarnusa24.com.

Dengan menaiki 43 kendaran roda empat, lebih dari dua ratus massa petani wilayah kecamatan Ijen bersatu yang disingkat (PETINJU) melakukan orasi berisi tuntutan tentang depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bondowoso serta di depan gedung Pemerintah Kabupaten Bondowoso,Senin 22/05/2023.

 

Dalam aksinya masyarakat petani di wilayah Kecamatan Ijen kabupaten Bondowoso berisi tiga tuntutan yang disampaikan kepada DPRD dan pemerintah kabupaten Bondowoso.

 

Tiga tuntutan yang disampaikan, yang pertama agar kuota pupuk subsidi untuk kecamatan Ijen diberikan dan diiadakan kembali seperti sebelum tahun 2019.

 

Kedua, membebaskan mobil yang ditahan oleh Polres karena mengangkut pupuk dan mengusut oknum anggota Polisi yang melakukan pemerasan kepada masyarakat petaii di wilayah kecamatan Ijen yang membeli pupuk selama ini tanpa ada sosialisai sebelumnya kepada masyarakat.

 

Dan tuntutan berikutnya, masyarakat menolak jika PT dan CV yang mengelola dan menduduki lahan perhutani yang selama ini dikelola masyarakat ijen.

 

Hal ini perhutani membuat PKS ganda dilahan yang sama dengan petani yang lebih dulu mendapat PKS dari PT dan CV dari luar kecamatan Ijen, sehingga sebagian petani kehilangan mata pencaharian.

 

Dalam orasi tersebut, petani ijen di depan gedung DPRD Bondowoso dan ditemui langsung Kapolres Bondowoso AKBP.Bimo Ariyanto,S.I.K bersama anggotanya dan ketua komisi dua H.Andi Hermanto,S.Sos.

 

” Kami, Kapolres Bondowoso siap menerima aspirasi ini dan akan menindak lanjuti tuntutan masyarakat petani Ijen bersatu dan meminta kepada Kades Se – Kecamatan Ijen yang masyarakatnya jadi korban pemerasan oknum Polisi untuk membawa kepada saya untuk ditindak lanjuti sekaligus akan mengeluarkan kendaraan salah sayu warga Lecamatan Ijen yang ditahan di Mapolres untuk dipinjam pake.

Kami berterimakasih dan meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan dalam melaksanakan orasinya sampai selesai “, terang Kapolres Bimo.

 

Ditempat yang sama Andi Herrmanto,S.Sos, Komisi II (dua) DPRD Bondowoso mewakili seluruh pimpinan DPRD yang sedang mengikuti Bimtek di Jakarta didampingi Kapolres Bondowoso menerima aspirasi masyarakat petani Ijen bersatu akan segera menindak lanjuti tuntutan masyarakat petani wilayah kecamatan Ijen dalam hal kebutuhan pupuk bersubsidi.

Ratusan Massa Petani Ijen Bersatu (Petinju) Datangi DPRD Dan Pemkab Bondowoso Sampaikan Tiga Tuntutan Terkait Pupuk Subsidi.

Selesai berorasi didepan kantor DPRD Bondowoso massa bergerak ke kantor Pemkab Bondowoso untuk melanjutkan orasinya dengan tertib dan tetap kondusif. Sementara pihak Pemkab menerima empat orang perwakilan massa petani ijen Bersatu yang selanjutnya melakukan koordinasi di salah satu ruang Pemkab.

 

(AR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *