Daerah  

MASUKI TAHUN POLITIK, HUMAS PEMERINTAH BERPERAN TANGKAL HOAX

MASUKI TAHUN POLITIK, HUMAS PEMERINTAH BERPERAN TANGKAL HOAX

Kabarnusa24.com, Banjarnegara – Peran Humas (Hubungan Masyarakat) pemerintah tidak hanya masuk rutinitas dalam mendokumentasikan serta mempublikasikan program dan progres pembangunan dari pemerintah. Memasuki tahun politik seperti sekarang ini, Humas juga bisa mengambil bagian dengan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat untuk menangkal hoax.

“Menjelang Pemilu marak akan berita hoax, disinilah peran Humas dibutuhkan sebagai jembatan informasi pemerintah dengan masyarakat dalam menangkal berita yang tidak benar atau hoax yang berpotensi memecah belah,” kata Sekretaris Daerah Banjarnegara, Indarto saat membuka kegiatan Pertemuan dan Sosialisasi Forum Koordinasi Kehumasan (Fokohumas) di Sasana Karya Praja Setda, Selasa (13/6).

Selain itu, lanjutnya, Humas pemerintah juga bisa memberikan edukasi dan mensosialisasikan informasi kepada masyarakat terkait hajat demokrasi lima tahunan agar dapat berjalan baik, lancar dan sukses. Pada kesempatan ini Indarto juga berharap anggota Fokohumas Banjarnegara bisa meningkatkan kemampuannya agar lebih profesional.

Menurutnya, insan kehumasan harus mampu mengolah informasi dan mengkomunikasikan kebijakan pemerintah kepada publik serta dapat membangun citra pemerintah yang positif.

“Maka dari itu anggota Fokohumas harus terus mengasah kemampuannya, karena komunikasi dan hubungan harmonis anatara pemerintah dan masyarakat akan bermuara pada terwujudnya pembangunan yang transparan dan bertanggung jawab,” jelasnya

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Banjarnegara, R Riono Rahadi Prasetyo mengatakan, pertemuan Fokohumas Banjarnegara ini disamping sebagai ajang silaturahmi antar anggota juga untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan anggota Fokohumas dalam memproduksi, mengolah dan mempublikasikan informasi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-maisng kepada masyarakat.

Melalui kegiatan ini harapannya anggota Fokohumas menjadi lebih profesional, cakap, aktif dan produktif dalam mengelola informasi melalui berbagai kanal informasi seperti website, medsos maupun aduan masyarakat.

“Kami ingin menumbuhkan semangat kehumasan yang lebih baik dengan tuntutan informasi yang dibutuhkan oleh publik. Harapan kami anggota Fokohumas bisa menyajikan informasi terbaik untuk masyarakat,” tuturnya

Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang anggota Fokohumas dari perwakilan OPD dinas, Setda, Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Pemkab Banjarnegara.

Dalam kegiatan ini anggota Fokohumas juga dibekali pengetahuan tentang serba-serbi kehumasan, teknik penulisan press release serta fotografi yang disampaikan oleh tiga narasumber, yaitu Kepala Bidang Infokom Dinkominfo Banjarnegara, Khadir, Wartawan Suara Merdeka, Castro Suwito dan Ketua Komunitas Penggemar dan Penghobi Fotografi Banjarnegara (KPFB), Wahyu Hermawan Yulianto. (amr)

Sumber : DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
KABUPATEN BANJARNEGARA, PROVINSI JAWA TENGAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *