Sekapur SirihReligi

Pentingnya Ziarah kepada Wali Allah

4
×

Pentingnya Ziarah kepada Wali Allah

Sebarkan artikel ini
Pentingnya Ziarah kepada Wali Allah

Pentingnya Ziarah kepada Wali Allah

Kabarnusa24.Com, Rasulullah saw menganjurkan kepada kita untuk bergaul dengan orang-orang sholeh, dan kepada setiap orang yang bisa membuat kita ingat dan bertambah dekat dengan Allah.

Imam Syafi’i berkata,

احب الصالحين و لست منهم. لعل ان انال بهم الشفاعة

“Aku cinta kepada orang-orang sholeh meskipun aku bukan termasuk golongan mereka. Dengan harapan aku bisa mendapatkan syafa’at dari mereka.”

Alhabib Abu Bakar bin Abdullah Al-athas berkata,
“orang yang berziarah kepada wali Allah dia akan mendapatkan dua perkara. Yang pertama-minimal, Allah akan mengampuni dosa-dosanya. Dan yang kedua-maksimal, dia akan mendapat kedudukan seperti wali yang dia ziarahi.”

Ziarah kepada orang-orang sholeh atau wali yang masih hidup lebih afdhol daripada menziarahi yang sudah meninggal.

Keuntungannya adalah kita bisa meminta keberkahan doa dari mereka dan bisa mendapat pandangan khusus dari mereka.

Dan ketahuilah bahwa memandang wajah ulama’ dan orang sholih itu ibadah. Yang dengannya bisa menambah semangat kita untuk beribadah kepada Allah sebagaimana mereka. Dan kita juga bisa meniru akhlak mereka.

Ziarah ke tempat para wali seperti (bekas rumahnya dahulu), lebih afdhol daripada ziarah ke kuburnya.  Kenapa??

Karena tempat tersebut pernah bersambung dengan pakaiannya. Dan pakaiannya bersambung dengan badannya. Dan badannya bersambung dengan hatinya. Dan hatinya senantiasa bersambung kepada tuhannya.

Yang terpenting adalah adab ketika bertemu dengan mereka. Selalu berprasangka baik agar kita mendapatkan keberkahan dan madad (pemberian) dari Allah.

Semoga kita bisa mendapatkan nadzroh para wali dan orang-orang sholeh, serta mendapatkan SIRR dan syafaat mereka kelak di hari kiamat.

y-wa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *