Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma’ruf Amin Direncanakan Hadir pada Milad MUI ke-48

Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma’ruf Amin Direncanakan Hadir pada Milad MUI ke-48

Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma’ruf Amin Direncanakan Hadir pada Milad MUI ke-48

Jakarta – Kabarnusa24.Com,

Milad Majelis Ulama Indonesia yang ke-48 akan dilaksanakan pada Rabu, 26 Juli 2023 di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Pada kegiatan itu, rencananya Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma’ruf Amin akan hadir. Hingga saat ini, baru Wapres yang sudah bisa dipastikan hadir.

“Belum ada kepastian Presiden hadir, yang dipastikan hadir adalah Wapres Kiai Ma’ruf Amin, ” ungkap Ketua Panitia Milad MUI, Lukmanul Hakim, kepada MUIDigital, Jum’at (21/07/2023).

Jika nanti hadir, Presiden Jokowi akan menyampaikan amanah sekitar 25 menit. Usai membacakan amanah, Presiden akan memimpin pemotongan tumpeng Milad MUI ke-48 didampingi Wantim MUI, Wakil Ketua Umum MUI, Bendahara Umum, Ketua Panitia Pengarah (SC) dan Ketua Panitia Pelaksana (OC) Milad MUI Ke-48.

Sementara itu, Wapres RI KH Ma’ruf Amin akan menyampaikan sambutan selaku Ketua Dewan Pertimbangan MUI. Pasca memberikan sambutan, akan ada Deklarasi Peneguhan Mitsaq Wathani atau Komitmen Kebangsaan.

Tujuh tokoh agama/tokoh nasional akan memimpin pembacaan deklarasi peneguhan komitmen kebangsaan ini. Setelah itu, dokumen peneguhan komitmen kebangsaan tersebut akan ditandatangi secara bersama-sama.

Komitmen Kebangsaan ini salah satunya berisi penegasan bahwa Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sejalan dengan ajaran Islam. Selama ini, khususnya dari kalangan umat, masih tersisa sedikit perselisihan bahwa Pancasila tidak Islami. Deklarasi ini sekaligus penegasan ulang dari MUI bahwa Pancasila sejalan dengan ajaran Islam.

Tema milad MUI ke-48 ini adalah Memperkokoh Persatuan dalam Bingkai Keberagaman Menuju Indonesia yang Lebih Sejahtera dan Bermartabat. Prosesi Tasyakur milad akan berlangsung mulai pukul 18.00 sampai 22.00 WIB.

Puncak Milad MUI ke-48 memang berlangsung pada 26 Juli 2023 namun ada beberapa acara yang mengiringi baik setelah maupun sebelum tanggal tersebut.

Sejak 20 Juni sampai 20 Juli 2023, MUI mengadakan lomba penulisan untuk Jurnalis dan lomba dakwah. Pada 26 sampai 28 Juli 2023 juga akan ada kegiatan Annual Conference on Fatwa Studies ke-VII. Pada hari yang sama dengan Milad MUI ke-48 mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB akan ada Kongres Seni dan Budaya Islam.

Sumber : Majlis Ulama Indonesia (MUI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *