Setahun Program Bekasi Permata, Tingkatkan Kesejahteraan Kaum Dhuafa dan Renta

Setahun Program Bekasi Permata, Tingkatkan Kesejahteraan Kaum Dhuafa dan Renta
BEKASIPERMATA : Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan bersama seorang nenek dalam program Bekasi Permata yang ditujukan memberikan makanan bagi para kaum dhuafa dan tua renta di Kecamatan Tarumajaya.

Setahun Program Bekasi Permata, Tingkatkan Kesejahteraan Kaum Dhuafa dan Renta

BEKASI – JABAR || KABARNUSA24.COM

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan launching tepat satu tahun program Pemberian Rantang Makan Siang Dhuafa dan Renta (Bekasi Permata) di Desa Samudrajaya, Kecamatan Tarumajaya pada Rabu (26/07/2023).

Dani Ramdan mengatakan, program Bekasi Permata dari Baznas Kabupaten Bekasi berbeda dari yang sebelumnya. Saat ini, selain pemberian rantang untuk makan siang juga diberikan vitamin bagi dhuafa dan renta agar supaya kesehatan nya terjaga.

“Alhamdulillah tidak terasa sudah berjalan satu tahun program Bekasi Permata, semakin banyak kaum dhuafa dan renta bisa kita berikan makan gratis setiap hari seumur hidup, agar mereka kesejahteraan bisa terjaga, serta kita prioritaskan bagi dhuafa karena mereka yang paling rentan,” ujarnya.

Dani menjelaskan, pada tahun 2024, ditargetkan miskin ekstrem yang ada di Kabupaten Bekasi menjadi tidak ada, untuk dhuafa dan renta ini dari kategori miskin ekstrem, sesuai data sinkronisasi dengan Dinas Sosial, serta masuk dalam program Bekasi Permata dari Baznas.

“Dengan adanya program Bekasi Permata termasuk bagian dari miskin ekstrem dengan cara seperti ini mereka bisa keluar dari miskin ekstrim dan kebutuhan makanannya terpenuhi, ada juga yang mendapatkan PKH,” katanya.

Dia menyampaikan, perusahaan yang ada di Kabupaten Bekasi bisa ikut terlibat dalam memberikan zakat, infaq sodaqoh kepada Baznas Kabupaten Bekasi. Selain itu juga dapat berpartisipasi dalam program yang ada di Baznas.

“Ya, ini juga mengembirakan semakin hari semakin banyak perusahaan yang bergabung dan memberikan dukungan untuk program Baznas, mudah-mudahan bisa terus menular kepada perusahaan lainnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Bekasi, Samsul Bahri mengatakan, program Bekasi Permata kali ini merupakan lokasi ke-5, sebelumnya dilakukan di Kecamatan Muaragembong, Bojongmangu, Cikarang Timur, dan Pebayuran.

“Pemberian bantuan program Bekasi Permata untuk pemberian rantang makan siang untuk dhuafa dan renta kali ini diberikan kepada 30 mustahik,” katanya.

Dia menyebutkan, hari ini program Bekasi Permata sudah menyalurkan sebanyak 20.404 rantang makan siang dhuafa dan renta untuk disalurkan kepada 6 Desa di 5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi.

Samsul Bahri menyampaikan, dalam usia ke satu tahun program Bekasi Permata mendapatkan suport, apresiasi serta bantuan dari Baznas Republik Indonesia dan Baznas Provinsi Jawa Barat. Untuk Bekasi Permata akan hadir di Kecamatan Setu, untuk disalurkan rantang makanan siang kepada kaum dhuafa dan renta.

“Alhamdulillah Bekasi Permata mendapat bantuan dari Pusat maupun Provinsi, pada hari ini Baznas Provinsi Jawa Barat menyerahkan satu unit motor berserta box nya untuk Bekasi Permata,” terangnya.

Acara tersebut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah, Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda 1) Setda Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti, Kepala Bagian Kesra Kabupaten Bekasi, Beni Yulianto Iskandar, Camat Tarumajaya, Dede Mauludin, Plt. Kepala Desa Samudrajaya, Subur Burhanudin, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dari Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Mimi Jamilah, Sekretaris Utama Baznas RI, Mukhlis M. Hanafi, Wakil Ketua II Baznas Provinsi Jawa Barat, Ali Khosim dan para perusahaan mitra Baznas Kabupaten Bekasi.

 

Sumber : Diskominfosantik Kabupaten Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *