Yuk Sayangi Tubuhmu ! Karena Polusi Udara berbahaya bagi kesehatan

Yuk Sayangi Tubuhmu ! Karena Polusi Udara berbahaya bagi kesehatan
Sumber Foto : https://www.vecteezy.com/photo/24445728-air-pollution-problem-with-human-generative-ai

Akhir-akhir ini berita mengenai polusi dibeberapa kota besar sudah tidak asing lagi terdengar. Perlu kita ketahui mengenai apa saja bahaya polusi bagi tubuh kita. Terutama untuk kita yang tinggal di Kota besar seperti Jabodetabek Surabaya dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Bahaya polusi yang sangat jelas yaitu menganggu saluran pernapasan untuk jangka pendek. Keluhan normalnya ditandai dengan batuk-batuk secara kronis dikarenakan asap-asap yang mengandung partikel-partikel mikro yang berbeda dengan virus. Salah satu tips agar partikel ini tidak terhirup kita bisa menggunakan masker N95 atau kain 95%. Masker N95 atau kain 95% dapat menyaring partikel dua setengah PMM.

Menurut seorang ahli di invironment mengatakan apabila partikel-partikel kecil ini sudah masuk paru atau masuk ke saluran pernapasan akan sulit keluar. Dan apabila anak kecil mengalami hal tersebut maka akan memicu ISPA. ISPA merupakan infeksi saluran pernapasan atas. Selain itu bisa juga memicu orang-orang yang memiliki asma menjadi kambuh atau bisa saja mengalami alergi sinusitis kronis.

Bahaya polusi udara untuk jangka Panjang yaitu bagi beberapa orang yang tinggal di sebuah kota. Yang daerahnya udaranya sangat kotor atau yang bisa dikatakan kandungan PPM dua setengahnya ini sangat tinggi. Tentu dapat menyebabkan penyakit-penyakit kronis. Seperti cancer , hipertensi, stroke, dan diabetes. Beberapa bahaya tersebut menurut penuturan dokter Dana, Dokter Dexa dan juga beberapa dokter penyakit dalam lain.

Menurut Dokter Relia Burhan mengatakan apabila polusi ini juga berbahaya untuk paru. Sebetulnya yang paling rentan terkena adalah anak kecil. Dikarenakan orang dewasa pertahanan tubuh atau imunitasnya lebih besar daripada anak kecil. Untuk gejalanya sendiri pada anak kecil yaitu sering batuk, seperti batuk berdahak. Hal tersebut tentu berbahaya untuk anak kecil karena bisa memicu penyakit lain pada paru-parunya.

Untuk cara mengetahuinya sendiri pada anak kecil seperti batuk lama, batuk dahak, dahaknya putih dipagi hari, dan sesak nafas. Apabila anak kecil memiliki riwayat alergi, maka dapat mengakibatkan rhinitis alergi. Sedangkan apabila memiliki riwayat COPD , maka untuk rontgennya akan berwarna hitam semua. Beberapa hal tersebut merupakan bahaya-bahaya dari polusi.

Yang lebih bahaya lagi apabila tinggal di daerah yang polusinya tinggi. Hal tersebut sama seperti tinggal di daerah indoor yang banyak perokok. Karena hal tersebut sama artinya seperti merokok tiga batang. Selain itu, polusi ini juga mengakibatkan kelainan pada kulit. Hal itu dikarenakan polusi akan menempel dikulit. Jadi untuk siapapun yang saat ini sedang tinggal di

Yuk Sayangi Tubuhmu ! Karena Polusi Udara berbahaya bagi kesehatan
Sumber Foto : https://www.vecteezy.com/photo/24445728-air-pollution-problem-with-human-generative-ai

kota-kota besar, tetap harus waspada terhadap bahaya polusi ini. Tetap jaga kesehatan dan juga lindungi diri serta keluarga tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *