DaerahPendidikan

Ridwan Kamil Berikan Legacy Terbaik Bagi Gerakan Pramuka di Jawa Barat

5
×

Ridwan Kamil Berikan Legacy Terbaik Bagi Gerakan Pramuka di Jawa Barat

Sebarkan artikel ini
Ridwan Kamil Berikan Legacy Terbaik Bagi Gerakan Pramuka di Jawa Barat
PRAMUKA : Ridwan Kamil, yang 5 hari lagi akan usai sebagai Ketua Mabida, mengapresiasi kepada insan Pramuka yang ikut membangun Jawa Barat. Sekaligus mengajak terus melanjutkan gerakan Pramuka yang visioner dan terbaik di Indonesia.

KABUPATEN BEKASI – JAWABARAT || KABARNUSA24.COM 

Ketua Majelis Pembimbing Daerah Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan jika provinsi yang dipimpinnya masif dalam hal kegiatan Kepramukaan. Seperti Jambore Dunia, dimana Jawa Barat menjadi provinsi terbanyak mengirim peserta dikegiatan Pramuka Internasional itu.

Selain itu, jumlah insan Pramuka di Jawa Barat merupakan yang tertinggi di Indonesia yaitu mencapai 8 juta anggota.

Ridwan Kamil, yang 5 hari lagi akan usai sebagai Ketua Mabida, mengapresiasi kepada insan Pramuka yang ikut membangun Jawa Barat. Sekaligus mengajak terus melanjutkan gerakan Pramuka yang visioner dan terbaik di Indonesia.

“Untuk itu harus punya visi, harus punya semangat yang penuh dengan integritas, semangat berkarya, itulah sebagian Dasa Darma yang saya terapkan sebagai pemimpin Jawa Barat,” ungkapnya di hadapan 40 ribu insan Pramuka, saat sambutan, pada Gebyar Hari Pramuka Ke-62 Tingkat Jawa Barat di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur pada Rabu (30/08/2023).

Selama masa kepemimpinannya di Jawa Barat, 553 penghargaan dari dalam dan luar negeri berhasil diraih. Hal ini menjadikan Provinsi Jawa Barat terbaik di bidang ekonomi, pengentasan kemiskinan, terbanyak pada bidang infrastruktur, stunting dan terbaik dalam reformasi birokrasi serta kondusivitas yang tinggi.

“Kondusifnya nilainya sangat tinggi, yaitu 87,5 persen. Menandakan bahwa Provinsi ini Gemah Ripah Repeh Rapih yang selalu kita banggakan dan kita jaga,” sambungnya.

Dia mengajak, dalam membangunkan Jawa Barat, para insan Pramuka harus memegang teguh filosofi nilai yang menjadi tradisi baik di masyarakat. Seperti semangat Siliwangi: silih asah, silih asih, silih asuh.

“Kalau ada apa-apa penuh semangat toleransi, kalau itu diterapkan saya yakin tidak akan banyak miskomunikasi dan pertengkaran di antara kita. Kedua, terapkan juga istilah caina herang laukna beunang, selesaikan permasalahan sebelum api muncul,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Jabar Atalia Praratya menyampaikan gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia, taat hukum, disiplin, menjunjung nilai bangsa, menjaga lingkungan, serta berjiwa patriotik.

“Hal ini tentu saja relevan dengan kebutuhan saat ini, yang tengah mengalami disrupsi baik dari sisi lingkungan, teknologi, sosial, kita ingin siapkan generasi depan menjadi yang tangguh, berketahanan di tengah tantangan zaman yang luar biasa ini,” ungkapnya.

Kegiatan hari pramuka ini juga dirangkaikan mulai dari ziarah ke makam pahlawan nasional yang dilakukan serentak sejak 14 Agustus, kemudian pameran karya, bazar, baksos dan pengabdian masyarakat.

“Pada hari ini juga diselenggarakan apel hari pramuka serta pertunjukan seni budaya, kemudian disaksikan secara virtual oleh seluruh kwartir di Jawa Barat,” tambahnya. (DB)

 

Sumber: Diskominfosantik Kabupaten Bekasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *