Raih Juara Umum MTQ Kabupaten Bekasi, Cikarang Barat Siapkan Qori-qoriah untuk MTQ Jawa Barat

Raih Juara Umum MTQ Kabupaten Bekasi, Cikarang Barat Siapkan Qori-qoriah untuk MTQ Jawa Barat

Kabupaten Bekasi – Jawa Barat || Kabarnusa24.Com

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi menyerahkan piala bergilir Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-55 Tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2023 kepada Kafilah Kecamatan Cikarang Barat yang keluar sebagai Juara Umum.

Trofi Juara Umum MTQ diterima langsung oleh Camat Cikarang Barat, Lukman Hakim di panggung utama MTQ Kabupaten Bekasi, di Halaman Kantor Desa Sukabudi Kecamatan Sukawangi, pada Jumat (08/09/2023).

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cikarang Barat, Abdul Hay mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraih timnya pada MTQ Kabupaten Bekasi tahun ini.

“Untuk MTQ tahun ini, kami mengirimkan 43 peserta dari golongan anak-anak, remaja dan dewasa, putra maupun putri. Alhamdulillah bisa meraih Juara Umum,” ucapnya.

Ia berharap prestasi ini bisa dipertahankan dan tidak euforia. Tapi harus terus belajar dan berlatih.

Abdul Hay menuturkan, pihaknya menjaring potensi qori-qoriah maupun hafidz dan hafidzah melalui MTQ tingkat kecamatan. Selanjutnya mereka dibina dan dipersiapkan untuk MTQ Tingkat Kabupaten Bekasi.

“Sebelumnya kami juga menggelar sosialisasi pada rapat minggon di tiap desa dan kelurahan, agar masing-masing desa yang memiliki potensi para hafidz dan qori bisa siap untuk mengikuti MTQ kabupaten. Seleksi lanjutan juga dilakukan oleh kepala seksi pemberdayaan masyarakat dan desa bersama LPTQ kecamatan,” kata Abdul Hay yang juga Ketua LPTQ Kecamatan Cikarang Barat.

Terkait potensi qori-qoriah di wilayahnya, Abdul Hay menjelaskan bahwa Kecamatan Cikarang Barat mempunyai pondok-pondok pesantren dan yayasan pendidikan islam yang sangat berkontribusi melahirkan bibit-bibit baru qori-qoriah maupun penghafal Al-Quran.

“Atas diraihnya juara umum pada MTQ tingkat Kabupaten Bekasi, tentu kami merasa bangga atas capaian tersebut, dan ini sebagai bukti dalam membangun kebersamaan dan kontribusi seluruh masyarakat Cikarang Barat,” ujarnya.

Abdul Hay menambahkan, akan segera melakukan pendampingan sekaligus monitoring para peserta yang telah berhasil menjadi juara di MTQ ke-55 tingkat Kabupaten Bekasi.

“Setelah ini kita akan terus beri pembinaan dan pelatihan, dan berkoordinasi dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Bekasi untuk mempersiapkan calon peserta pada ajang MTQ ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat,” terangnya.

 

Sumber: Diskominfosantik Kabupaten Bekasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *