Kesehatan

Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan

3
×

Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan
Sumber Foto : Ilustrasi dari Pinterest

Kabarnusa24.com Berjemur di pagi hari merupakan gaya hidup sehat yang baik dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Saat berjemur tubuh akan memproduksi vitamin D secara alami yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Lamanya waktu untuk berjemur di pagi hari adalah sekitar 5 – 20 menit. Waktu terbaik untuk berjemur di pagi hari adalah pada pukul 09.00 – 10.00. Sebelum berjemur jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dan disarankan untuk menggunakan kacamata hitam.

Dalam akun YouTubenya dr. Fery Juliawan, M.Th menyampaikan manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut :

  1. Manfaat untuk kesehatan tulang
    Tingkat kepadatan tulang pada seseorang dapat menurun seiring bertambahnya usia. Agar kepadatan tulang terjaga dan terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis penting untuk menjaga kesehatan tulang. Berjemur di pagi hari dapat membantu mencegah masalah tulang. Dengan mendapatkan matahari pagi, membantu tubuh untuk menghasilkan vitamin D secara alami. Vitamin D ini nantinya akan membatu penyerapan kalsium dalam tubuh, sehingga secara alami akan meningkatkan kekuatan tulang, mencegah osteoporosis dan radang sendi.
  2. Meningkatkan imunitas tubuh
    Imunitas tubuh atau sistem kekebalan tubuh adalah suatu sistem ketahanan tubuh yang berfungsi dalam melawan infeksi yang dapat mengancam kesehatan. Asupan vitamin D yang cukup dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan resiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, flu atau penyakit-penyakit autoimun.
  3. Memperbaiki kualitas tidur

Perubahan signifikan dalam kebiasaan tidur umum terjadi pada setiap orang seiring bertambahnya usia. Tidur yang cukup dan tenang bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan sel dan menjaga stamina. Dalam hal ini sinar matahari pagi sangat penting untuk menjaga pola tidur yang teratur. Karena paparan matahari pagi dapat mengatur siklus sirkadian tubuh. Siklus sirkadian adalah perubahan fisik, mental, dan perilaku yang mengikuti siklus 24 jam.

Mengurangi kemungkinan depresi
Sinar matahari pagi akan menyebabkan otak melepaskan hormon serotonin. Hormon serotonin disisi lain baik dalam meningkatkan suasana hati dan meningkatkan sensasi ketenangan. Sehingga mood kita akan menjadi lebih baik sepanjang hari.

Sumber : YouTube Dokter Fery TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *