Kesehatan

Mengenal Lebih Dekat 4 Jenis Bawang dan Fungsinya

4
×

Mengenal Lebih Dekat 4 Jenis Bawang dan Fungsinya

Sebarkan artikel ini
Mengenal Lebih Dekat 4 Jenis Bawang dan Fungsinya
Sumber Foto : Ilustrasi Pinteres

Kabarnusa24.com – Bawang dikenal sebagai tumbuhan yang dapat diolah untuk menghasilkan makanan yang lezat. Namun beberapa orang kurang menyukai bawang, alasannya karena rasanya yang aneh, dapat membuat mata dan tangan panas, serta diyakini dapat membuat mulut dan ketiak mengeluarkan bau tidak sedap. Padahal bawang sebenarnya memiliki banyak fungsi untuk tubuh. Dilansir dari YouTube TV Tani, berikut 4 jenis bawang dan manfaatnya yang perlu diketahui :

Pertama, Bawang Merah

Bawang merah dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang berasal dari Iran, Pakistan. Bawang merah mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan. Misalnya potasium yang berperan dalam mencegah tekanan darah tinggi. Kemudian memiliki kandungan sulfur yang mampu mengurangi diabetes. Tidak lupa karbohidrat, air, dan serat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Kedua, Bawang Putih

Bawang putih awal mulanya tumbuh didaerah Asia Tengah dan sudah digunakan lebih dari 70.000 tahun. Sejak dulu bawang putih sering dijadikan bahan masakan atau campuran obat. Bawang putih kaya akan vitamin, zat besi, magnesium, kalium, natrium, fosfor, dan seng. Kandungan tersebut berguna untuk menjaga kesehatan tulang, menurunkan kolesterol dan tekanan darah serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketiga, Bawang Bombay

Bawang bombay berasal dari kota di India. Bawang bombay memiliki banyak kandungan antioksidan oleh karenanya mampu menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Selain itu berbagai nutrisi lainnya juga berguna kesehatan, misalnya menjaga kadar gula darah dan sistem pencernaan.

Keempat, Daun Bawang

Bawang ini memiliki bentuk yang berbeda dari yang lainnya, bawang ini memanjang seperti rumput dan berwarna hijau. Zat besi yang terkandung di dalamnya mampu memperkuat sel-sel jaringan pada tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi daun bawang dapat mencegah resiko kanker, infeksi dan penyakit jantung. Ibu-ibu hamil juga akan terjaga janinnya dengan mengkonsumsi bawang ini.

Sumber : YouTube TV Tani | Kementerian Pertanian Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *