Daerah  

Masyarakat Desa Air itam Mengadakan Aksi Damai di Depan Kantor Bupati PALI

Masyarakat Desa Air itam Mengadakan Aksi Damai di Depan Kantor Bupati PALI

PALI , Sumatra Selatan, Kabarnusa24.Com
Ratusan Masyarakat Desa Air Itam, Kecamatan Penukal, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), yang tergabung dalam Aliansi Pejuang Keadilan PALI, mendatangi Kantor Bupati Pali untuk mengadakan aksi Damai, Selasa (17/10/2023)
Masyarakat Desa Air itam Mengadakan Aksi Damai di Depan Kantor Bupati PALI
Aksi Damai tersebut menuntut pihak perusahaan untuk mengembalikan hak atas plasma masyarakat Desa
Air Timur.

Dalam orasinya Masyarakat meminta agar Bapak Bupati PALI, mendesak Direktur Utama PT. ABURAHMI/SPU untuk mematuhi dan menerapkan apa yang telah menjadi putusan dalam MoU tahun 2006 dan HGU, mengingat keduanya memiliki kekuatan hukum tetap dan mengikat.

Dan mereka Mendesak Manjemen PT. ABURAHMI/SPU melaksanakan pembagian lahan inti dan lahan plasma sebagai mana yang diatur dalam MoU tahun 2006 dengan ketentuan 50%-50% dari lahan yang efektif dan sudah produktif.

Lebih lanjut masa meminta kepada Bapak Bupati agar dapat menganggarkan dana untuk melakukan pengukuran ulang secara keseluruhan terhadap lahan yang saat ini dikelolah PT. ABURAHMI/SPU, yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada antara masyarakat dengan pihak perusahaan, agar tidak terjadi lagi konflik dikemudian hari.

Tidak sampai disitu saja masa juga meminta Perusahaan untuk tidak melakukan aktivitas apapun pada lahan yang saat ini sedang dalam proses pengembalian kepada Plasma, sebagaimana yang telah diputuskan KPPU bahwa lahan seluas 231,905 Ha harus dikembalikan ke Plasma (diktum putusan terlampir).

Dalam orasinya juga Masa juga meminta kepada Bapak Bupati untuk menghadirkan pihak PT. ABURAHMI guna bermediasi untuk menyelesaikan permasalahan dengan masyarakat, Bilamana pihak yang dimaksud tidak hadir maka Aksi Masa akan berlanjut ke Lahan Perkebunan PT. ABURAHMI

Masa mengadakan aksi dengan tertib dan damai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *