KKN PPM Kelompok 162 Menghadirkan Apotek Hidup di SD Negeri 6 Simpang Keuramat

KKN PPM Kelompok 162 Menghadirkan Apotek Hidup di SD Negeri 6 Simpang Keuramat

Aceh – kabarnusa24.com.

Sebuah inisiatif luar biasa yang dilakukan oleh mahasiswa Kelompok 162 dari Program KKN PPM mengubah wajah SD Negeri 6 Simpang Keuramat, gampong Meunasah Dayah, menjadi lebih hijau dan bermanfaat bagi pendidikan serta kesehatan. Pada hari Selasa, 31 Oktober 2023,

mahasiswa KKN PPM Kelompok 162 melakukan langkah inovatif dengan mendirikan sebuah “apotek hidup” di sekolah tersebut.

Menyadari potensi lokal yang luar biasa dalam hal tanaman obat-obatan, para mahasiswa memutuskan untuk menjadikan sekolah ini sebagai tempat yang ideal untuk menumbuhkan tanaman obat.

Apotek hidup ini memiliki tujuan ganda: meningkatkan pengetahuan siswa tentang penggunaan tanaman obat dan memberikan manfaat nyata kepada masyarakat setempat.

Ria Ziljannah, salah satu mahasiswa yang terlibat dalam proyek ini, menjelaskan, “Kami bersama dengan siswa-siswa menanam beberapa tanaman obat seperti jahe, kunyit, kencur, serai, dan lain-lain. Tanaman ini dipilih karena ketersediaan bibit yang ada di lingkungan dan manfaat yang dapat diambil dari tumbuhan tersebut.”

KKN PPM Kelompok 162 Menghadirkan Apotek Hidup di SD Negeri 6 Simpang Keuramat

Tanaman obat yang ditanam di SD Negeri 6 Simpang Keuramat memiliki manfaat medis yang beragam, seperti pengobatan ringan untuk gangguan pencernaan atau penyakit pernapasan. Siswa-siswa di sekolah tersebut akan diajarkan tentang penggunaan dan manfaat dari tanaman-tanaman tersebut, meningkatkan pengetahuan mereka tentang pengobatan alami.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Asrul Fahmi MAP mengungkapkan harapannya terhadap proyek ini, “Dengan adanya apotek hidup di lingkungan sekolah, kita tidak hanya menambah pengetahuan kepada siswa, tetapi juga memberikan mereka alat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah langkah penting dalam mengedukasi generasi muda tentang pentingnya tanaman obat dan bagaimana mereka dapat merawat dan menggunakannya.”

Inisiatif ini adalah contoh konkret bagaimana mahasiswa KKN PPM dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada komunitas lokal sambil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam bidang kesehatan dan pertanian.

SD Negeri 6 Simpang Keuramat sekarang memiliki sumber daya berharga yang dapat digunakan untuk tujuan pendidikan dan kesehatan, dan hal ini diharapkan akan memberikan manfaat jangka panjang bagi seluruh komunitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *