DaerahPendidikan

Mahasiswa KKN PPM Kelompok 104, Manfaatkan Digitalisasi Pembelajaran Mengembangkan Literasi Bagi Anak-Anak.

3
×

Mahasiswa KKN PPM Kelompok 104, Manfaatkan Digitalisasi Pembelajaran Mengembangkan Literasi Bagi Anak-Anak.

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa KKN PPM Kelompok 104, Manfaatkan Digitalisasi Pembelajaran Mengembangkan Literasi Bagi Anak-Anak.

 

Aceh – kabarnusa24.com

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 104 dengan dosen pembimbing lapangan yaitu Ibu Syukriah, S.T., M.Sc.,

Eng mengadakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media elektronik di era globalisasi untuk mengembangkan litersasi anak-anak di gampong Cot Euntung. Kamis (09-11-2023).

Perkembangan zaman terus membawa teknologi bergerak ke arah yang semakin maju. Saat ini kita telah memasuki era digital di mana semua hal telah terdigitalisasikan. Hadirnya teknologi digital memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Contohnya seperti memudahkan berkomunikasi, memudahkan persebaran informasi, memudahkan proses pembelajaran, hingga menstimulasi otak untuk menumbuhkan kekreativitasan.

 

di era Globaliasi kami memberikan ide yaitu dengan memanfaatan digitalisasi ataupun media elektronik di era digital tersebut dalam proses belajar dan mengajar dapat nantinya memotivasi anak di gampong Cot Euntung untuk lebih semangat belajar, serta anak lebih muda tangkap terhadap apa yang telah kami berikan. Ketika bahan ajar dipadukan dengan teknologi digital, proses pembelajaran dapat dibuat lebih menarik dan memotivasi. Hal ini dikarenakan kombinasi bahan ajar dapat lebih artistik dan menarik karena menggabungkan gambar, audio, video, dan animasi, yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku belajar dan membantu anak belajar lebih efektif.

 

Hanisa menyampaikan anak-anak di gampoeng Cot Untung sangat senang ketika proses pembelajaran berbasis digitalisasi yang kami lakukan karena selain mereka dapat belajar dengan baik mereka juga dapat bermain melalui hal tersebut, sehingga terwujud statement belajar sambil bermain.

 

Saranika salah satu anggota KKN Kelompok 104 juga memberikan sedikit edukasi pengetahuan tentang penerapan ataupun penggunaaan media elektronik yang baik dan benar. Ia menyampaikan bagaimana cara memakai dengan baik dan benar serta menyampaikan fungsi dan manfaat media elektronik (Laptop) tersebut karena mengingat anak-anak sekarang kebanyakan salah dalam mempergunakan media elektronik maupun sampai lupa waktu terhadap penggunaannya seperti halnya bermain game, dan melihat video yang tidak pantas dilihat oleh anak-anak, ini yang menjadi perhatian khusus kami oleh karena itu kami memberikan sedikit edukasi terhadap pengunaan media elektronik dengan baik dan benar dan manfaatnya. Ujarnya

 

Pengharapan kami sebaiknya guru-guru yang ada di gampong Cot Euntung sekali sekali memberikan pembelajaran melalui media elektronik karena

Siswa dapat melakukan pembelajaran dengan mudah dan efesien. Anak-anak nantinya akan semangat dalam belajarnya karena ada hal menarik tersendiri ketika melakukan media pembelajaran melalui media elektronik, namun hal penggunaannya terhadap anak harus dibatasi dan harapan kami juga kepada orangtua yang ada di Gampong Cot Euntung tetap selalu memberikan pengawasan terhadap anak ketika menggunakan media elektronik supaya nantinya penggunaannya membawa manfaat yang lebih baik dan anak tidak lupa waktu dalam hal penggunaannya.

Penulis : Arya Ilham Fauzi Damanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *