Daerah

Perkuat LKD,DPMD di Kabupaten Lumajang

3
×

Perkuat LKD,DPMD di Kabupaten Lumajang

Sebarkan artikel ini
Perkuat LKD,DPMD di Kabupaten Lumajang

Lumajang, kabarnusa.24.com – Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur Hasbi Ari Shidiq,Si.menjadi narasumber bimtek Peningkatan Kapasitas Pejabat Perencanaan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang Tengah dalam menyusun dokumen perencanaan daerah. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang dilaksanakan di Hotel Gajah Mada,Jalan Panglima Sudirman.

Dalam paparan Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur disebutkan ada 5 prinsip perencanaan yang ideal yaitu Prinsip Holistik, masalah dalam perencanaan dan pelaksanaannya tidak dapat hanya dilihat dari satu sisi (atau sektor) tetapi harus dilihat dari berbagai aspek, dan dalam keutuhan konsep secara keseluruhan.

Selanjutnya, Prinsip Kesinambungan yaitu perencanaan tidak hanya berhenti pada satu tahap, tetapi harus berlanjut sehingga menjamin adanya kemajuan terus-menerus dalam kesejahteraan, dan jangan sampai terjadi kemunduran. Adaptive System, mengandung sistem yang dapat berkembang. Prinsip Partisipatif, masyarakat yang akan memperoleh manfaat dari perencanaan harus turut serta dalam prosesnya. Terakhir, harus terbuka dan demokratis.

Pada kesempatan ini, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur juga menyebutkan perencanaan juga harus by system, by design, dan by evidence dengan menggunakan pendekatan Logical Framework (kerangka logis) dimana semua tahapan perencanaan harus dibuat secara logis, mempunyai kerangka, dari satu tahap ketahap yang lain, dengan menggunakan indikator yang jelas, terukur dan spesifik. Selain itu, Dokumen Perencanaan harus SMART,”ungkap Hasbi.

Sementara itu
Kepala Dinas PMD Kabupaten Lumajang yang juga turut serta dalam kegiatan ini, menyampaikan bahwa penguatan kapasitas LKD menjadi fokus utama dalam upaya percepatan pembangunan di tingkat desa.

“Dengan meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota LKD, diharapkan mereka dapat lebih efektif dalam menjalankan program-program pembangunan desa,” ungkap Mustajid

Lanjutnya, “Bimtek ini melibatkan para pengurus LKD dari berbagai Desa. Materi yang disampaikan mencakup aspek hukum, administrasi, keuangan, dan manajemen yang relevan dengan tugas LKD,”ungkap Mustajid.

“Selain itu, para peserta juga diberikan wawasan mengenai perencanaan pembangunan Desa yang berkelanjutan,” ungkap Mustajid.(D.S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *