Daerah  

Pemerintah Kabupaten Lumajang Menggelar Pasar Murah

Pemerintah Kabupaten Lumajang Menggelar Pasar Murah

Lumajang,kabarnusa.24.Com.Pemerintah Lumajang berencana untuk melaksanakan operasi pasar di delapan lokasi yang berbeda mulai tanggal 16 – 23 Maret 2024 mendatang. Langkah tersebut diambil sebagai strategi pemerintah dalam menjaga stabilitas harga pangan, terutama menjelang Hari Raya Idul fitri.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Hari Susiyati, mengungkapkan ” Operasi pasar merupakan salah satu upaya konkret pemerintah daerah untuk menstabilkan harga pangan. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan,” ungkap Hari .
” Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kabupaten Lumajang pada minggu ke-4 dan 5 bulan Februari 2024 mencapai 2,72 persen dan 3,25 persen secara berturut-turut. Angka tersebut melampaui angka IPH Nasional yang sebesar 2,56 persen,” ungkap Hari.

Hari juga mengungkapkan “Pemerintah daerah berkomitmen untuk menurunkan nilai IPH tersebut menjelang bulan ramadan dan seterusnya, sehingga masyarakat dapat mengakses harga bahan pangan dengan lebih terjangkau.

Berikut adalah jadwal pelaksanaan operasi pasar di berbagai kecamatan:

Kecamatan Tempeh – 16 Maret 2024 di Balai Desa Tempeh Lor
Kecamatan Senduro – 17 Maret 2024 di Dusun Krajan Desa Pandansari
Kecamatan Rowokangkung – 18 Maret 2024 di Balai Desa Rowokangkung
Kecamatan Jatiroto – 19 Maret 2024 di Balai Desa Jatiroto
Kecamatan Randuangung – 20 Maret 2024 di Balai Desa Randuagung
Kecamatan Pasirian – 21 Maret 2024 di Balai Desa Pasirian
Kecamatan Sukodono – 22 Maret 2024 di Balai Desa Dawuhan Lor
Kecamatan Ranuyoso – 23 Maret 2024 di Balai Desa Meninjo

Hari juga mengungkapkan ” Operasi pasar akan dimulai pukul 09.00 WIB, dengan bahan pangan utama yang akan dijual meliputi beras, gula, dan minyak goreng.

“Dengan adanya operasi pasar ini, diharapkan masyarakat dapat merasakan dampak positif dalam akses terhadap harga pangan agar lebih stabil dan terjangkau. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam menjaga kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lumajang,”ungkap Hari .(D.S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *