Qori Andalan Kabupaten Bekasi, M. Basori Alwi Optimis Tampil Maksimal di MTQ Jabar

Qori Andalan Kabupaten Bekasi, M. Basori Alwi Optimis Tampil Maksimal di MTQ Jabar
Qori andalan Kabupaten Bekasi, Muhammad Basori Alwi.

KABUPATEN BEKASI – JAWABARAT || KABARNUSA24.COM

Qori asal Kabupaten Bekasi dari Cabang Tilawah Remaja, Muhammad Basori Alwi mengaku optimistis akan tampil maksimal dan memberikan yang terbaik untuk Kafilah Kabupaten Bekasi pada MTQ ke-38 Jawa Barat.

Muhammad Basori Alwi (23) mengungkapkan dirinya telah mengikuti lima tahapan pembinaan dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Bekasi, sebelum nantinya akan tampil di hadapan dewan hakim MTQ Jabar.

“Persiapannya cukup matang ya karena kita difasilitasi lima kali pelatihan atau pembinaan, alhamdulillah bisa meningkatkan skill jadi nambah ilmu baru buat kami sebagai peserta MTQ,” ungkapnya usai mengikuti Pelepasan Kafilah, di Nuanza Hotel Cikarang Selatan, pada Sabtu (27/04/2024) malam.

Alwi mengatakan, dalam pembinaan Qori-qori’ah yang telah dilaksanakan, seluruh peserta mendapatkan materi maupun pembelajaran yang beragam sesuai cabang yang diperlombakan, sehingga ini sebagai bekal sekaligus untuk mengasah kemampuan agar bisa membawakan berdasarkan kaidah-kaidah Al-Qur’an.

Setiap peserta juga didampingi official dari LPTQ Kabupaten Bekasi dan para pendamping. Selain itu Basori Alwi juga terus berlatih lagam atau irama tilawah seni membaca Al-Qur’an dengan tartil makharijul hurufnya sesuai tajwid, seperti lagam bayati, hijaz, nahawwand dan rast.

“Pembinaan kemarin tidak satu cabang saja tapi ada beberapa, seperti tahfidz, tilawah ada fahmil, syarhil Qur’an, jadi masing-masing golongan dan materinya beda-beda. Misalkan kalau di cabang tilawah itu bagaimana cara mengeluarkan suara yang bagus seperti apa terus bacaannya juga diperbaiki,” ujarnya.

Alwi menuturkan, bakatnya sebagai qori dipelajari dari sang ayah yang juga sebagai qori kemudian dikembangkan hingga sekarang sebagai qori muda. Selain menguasai cabang tilawah Muhammad Basori Alwi juga sebagai penghafal dan pernah mengikuti lomba MTQ dari Cabang Tahfidz.

Pemuda kelahiran Desa Cilangkara Kecamatan Serang Baru ini memiliki pengalaman mengikuti MTQ sejak tahun 2012. Bahkan pernah meraih Juara ke-3 MTQ tingkat nasional di Padang dan Ambon pada tahun 2020. Saat ini Alwi terus bertekad untuk terus membumikan Al-Qur’an di Kabupaten Bekasi.

“Alhamdulillah sudah mengikuti MTQ tingkat kabupaten dan Jawa Barat dari 2012 pas saya masih sekolah dasar (SD) sampai sekarang hampir sudah 10 tahun, Juara tertinggi ke-3 Nasional waktu di Padang sama di Ambon itu juara 3 semua,” pungkasnya.

Alwi mengaku, untuk menmenjaga kondisi tubuh agar terus prima, dirinya melaksanakan aktivitas dengan istirahat yang cukup serta menjaga pola makan teratur.

“Kalau saya pribadi nggak terlalu pantang soal makanan gitu, cuma yang paling berpengaruh minum es itu dihindari banget, kalau gorengan atau yang lain-lain masih bisa makan tapi porsinya nggak terlalu banyak,” ujarnya.

Alwi mengaku bahwa pesaing terberat pada MTQ Jabar kali ini yakni dari Kafilah Kota dan Kabupaten Bandung, mengingat dari tahun ke tahun sebelumnya dinobatkan sebagai Juara Umum. Namun dengan rasa percaya diri dan ikhtiar yang terus dilalui, Alwi optimis bisa menampilkan bacaan ayat suci Al-Qur’an dengan maksimal.

“Tegang nervous itu pasti ada, soalnya kita mau berkompetisi sama daerah lain dari Jawa Barat, tetapi saya yakin dengan kemampuan diri sendiri terus tawakal sama Allah SWT, harus optimis Insya Allah Juara 1, ikhtiar sudah maksimal semoga mendapat hasil yang terbaik,” ucapnya.

Sumber: Diskominfosantik kabupaten Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *