Program Ketahanan Pangan Pemdes Talang Akar Salurkan Pembelian Bibit Ikan Lele Sangkuriang

Program Ketahanan Pangan Pemdes Talang Akar Salurkan Pembelian Bibit Ikan Lele Sangkuriang

 

PALI – Sumatera Selatan Kabarnusa24.Com
Pemerintah Desa Talang Akar, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Pematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan, Salurkan Dana Desa (DD) Dengan membeli bibit ikan lele jenis Sangkuriang sebagai program ketahanan pangan, Selasa (14/05/2024).

Program Ketahanan Pangan Pemdes Talang Akar Salurkan Pembelian Bibit Ikan Lele Sangkuriang
filter: 0; jpegRotation: 0; fileterIntensity: 0.000000; filterMask: 0; module:1facing:0;
hw-remosaic: 0;
touch: (-1.0, -1.0);
modeInfo: ;
sceneMode: Auto;
cct_value: 0;
AI_Scene: (-1, -1);
aec_lux: 112.0;
hist255: 0.0;
hist252~255: 0.0;
hist0~15: 0.0;

Kepala Desa Talang Akar Sunarto mengatakan progres penggunaan Dana Desa (DD) pada tahun 2024 salah satu program prioritas yakni ketahanan pangan, sehingga bersepakat pada saat Musdes penggunaan DD menyalurkan pembelian bibit ikan lele sebanyak 18.000 bibit dengan dua (2) tahapan.

Kepala Desa juga menjelaskan bibit ikan bisa di panen paling tidak sekitar 3 bulan lagi, ikan-ikan tersebut sudah bisa dipanen, dan berharap dapat dinikmati oleh masyarakat Desa Talang Akar.

“Ikan lele ini akan dipelihara di dalam kolam tarpal, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus meningkatkan ekonomi, minimal kalau soal ikan tidak beli lagi, bisa juga dijual untuk membeli kebutuhan lain,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kepala Desa Talang Akar, menjelaskan dalam menggunakan Dana Desa (DD) ada beberapa item pekerjaan didalamnya, seperti pembangunan infrastruktur yang dikerjakan pada tahap tahapannya juga pembayaran BLT, dan kegiatan lainnya yang sebelumnya sudah disepakati dalam Musdes.

“Program penggunaan DD ini semuanya sesuai yang telah disepakati oleh masyarakat pada saat Musdes, sehingga untuk ketahanan pangan ini perlu dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat, agar masyarakat desa memiliki kemampuan yang cukup dalam memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri,” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *