Pendidikan

Monev Ditjen PAUD Dikdasmen Apresiasi Konsep Uji Kesetaraan Paket C di PKBM GANUSA 

2
×

Monev Ditjen PAUD Dikdasmen Apresiasi Konsep Uji Kesetaraan Paket C di PKBM GANUSA 

Sebarkan artikel ini
Monev Ditjen PAUD Dikdasmen Apresiasi Konsep Uji Kesetaraan Paket C di PKBM GANUSA 

Bondowoso, – kabarnusa24.com.

PKBM Garuda Nusantara Bersama (GANUSA) menggelar Uji Kesetaraan (UK) Paket C (setara SMA/MA/SMK) untuk pertama kalinya dengan diikuti oleh 108 warga belajar. Kegiatan ini dibagi menjadi 4 sesi ujian selama 2 hari. (18-19 mei 2024)

Uji kesetaraan berfungsi untuk menjamin pemenuhan akses warga belajar dari Pendidikan Nonformal dan Informal terhadap penyetaraan hasil belajar dengan Pendidikan Formal. Instrumen pengukuran kompetensinya berupa kompetensi literasi dan numerasi dengan pelaporan hasil ujian berupa Sertifikat Hasil Uji Kesetaraan atau Surat Keterangan Hasil Uji Kesetaraan.

Dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan UK Paket C, PKBM GANUSA terpilih menjadi salah satu lembaga yang dihadiri secara langsung oleh Asmawi dan Yoyok Idawanto selaku perwakilan Direktort Jenderal PAUD dan Dikdasmen Kemendikbud RI.

Ketua Yayasan PKBM GANUSA, Wiwik Eka Widarningsih bersama Kepala Bidang Kesetaraan Dinas Pendidikan Kab. Malang, Bapak Agus Soeparno dan Koordinator Wilayah Kecamatan Tirtoyudo Ibu Insri Pangesti menyambut baik proses monev yang dilakukan selama hampir 4 jam itu. Monev dilakukan dengan melihat langsung proses pelaksanaan UK di lembaga dan juga 8 warga belajarnya melakukan UK di luar lembaga dengan mengakses ujian mode daring.

Menurut Yoyok, “Hal ini merupakan capaian luar biasa yang dilakukan oleh lembaga setingkat PKBM untuk dapat melangsungkan ujian secara online dan dapat dimonitor dengan baik oleh lembaga pelaksanaan ujiannya”. Asmawi menambahkan, “Ruang ujian PKBM ini berbeda daripada yang lainnya karena tidak dibatasi dengan ruangan tertutup dan lantai mengkilat. Proses ujian sangat tenang dan warga belajar sangat menikmati proses belajarnya”.

“Konsep Pendidikan Luar Sekolah memang sedang kita upayakan untuk memudahkan warga belajar dalam mengakses kegiatan belajar mengajar di PKBM kami, sehingga belajatnya pun juga sangat merdeka tanpa harus ada paksaan kepada WB” Imbuh Wiwik, Ketua Yayasan PKBM GANUSA.

Kepala Bidang Kesetaraan Dinas Kabupaten Malang dan Koordinator Wilayah Kecamatan Tirtoyudo mengapresiasi adanya kesan belajar yang nyaman dan menyatu dengan nuansa alam semakin meningkatkan konsentrasi dan minat belajar para warga belajar PKBM GANUSA.

Dengan adanya proses belajar yang fleksibel tak terbatas waktu dan tempat belajar, PKBM GANUSA senantiasa menjaga kualitas pembelajaran melalui monitoring menggunakan media grup Whatsapp maupun zoom meeting bersama warga belajarnya. Guna melegitimasi hasil kompetensi warga belajarnya, maka pelaksanaan UK wajib dilakukan sebaik mungkin agar tujuan pemerintah Indonesia dalam menuntaskan Anak Tidak Sekolah menjadi lebih maksimal dan IPM Jawa Timur meningkat jauh lebih baik. (Eko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *