Bisnis  

Bongkar Dogma Corporate Souvenir yang Membosankan, Yippy Hadirkan Pengalaman Corporate Gift 2.0 Berbasis Teknologi.

Bongkar Dogma Corporate Souvenir yang Membosankan, Yippy Hadirkan Pengalaman Corporate Gift 2.0 Berbasis Teknologi.

Karena skala yang besar, pemberian hadiah dalam setting corporate sering kali identik dengan proses yang rumit, melibatkan banyak pihak, dan memakan waktu dengan jenis souvenir yang seringkali tidak sesuai keinginan. Menggunakan teknologi, Yippy berusaha mengubah itu semua.

Corporate gifting telah menjelma menjadi tren dalam dunia bisnis. Bagi perusahaan, corporate gifting dapat menjadi wadah untuk membangun hubungan dengan karyawan. Memberi hadiah merupakan salah satu media untuk mengapresiasi dan meningkatkan semangat kerja karyawan, menciptakan kesan mendalam bagi karyawan, serta menghormati budaya perusahaan.

Namun, memberi souvenir perusahaan (corporate gifting), baik untuk karyawan, mitra bisnis, maupun customer, terbilang gampang-gampang susah. Terkadang, hadiah yang diberikan kerap tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan si penerima.

Belum lagi permasalahan logistik yang menambah elemen kerumitan tersendiri. Karena skala pemberian hadiah yang sering kali jauh lebih besar, proses pengiriman, pengemasan dan pelacakan hadiah menjadi sulit dan sangat menyita tenaga dan waktu. 

Berkaca dari pengalamannya sendiri, Ananda Amelita kemudian mendirikan Yippy pada Mei 2022. Yippy merupakan platform end-to-end penyedia layanan corporate gifting guna memudahkan perusahaan untuk mendistribusikan hadiah, baik ke karyawan maupun mitra atau customer.

“Yippy menghadirkan corporate gifting 2.0 experience berbasis teknologi sehingga corporate gifting dapat menjadi lebih personalized, fun, dan efisien,” ujar Ananda.

Sebagai platform gifting as a service, Yippy memiliki sejumlah fitur lengkap, mulai dari pemilihan produk personal, packaging, logistik, hingga tracking merchandise.

Personalized Gift

Salah satu permasalahan yang paling mudah terlihat, khususnya oleh penerima corporate gifting adalah hadiah yang tidak diinginkan. Corporate gifting seringkali memiliki skala yang besar, sehingga pihak penyelenggara corporate gifting sering kali memilih hadiah yang sifatnya fungsional dan aman untuk memitigasi respon buruk dari hadiah yang akan mereka berikan. 

Menggunakan fitur Personalized Gift dari Yippy, penerima dapat memilih hadiah sesuai dengan yang mereka inginkan. Penyelanggara pun dapat mengontrol dari segi seleksi hadiah ataupun rentang budget agar penjalanan corporate gifting tetap sesuai dengan rencana. 

Logistik Anti Repot

Aspek logistik dalam beberapa kasus corporate gifting bisa jadi aspek paling rumit dalam penjalanan prosesnya. Contohnya dalam momen yang membutuhkan banyak perhatian terhadap aspek individu seperti ulang tahun karyawan, pihak HR perusahaan perlu mengoleksi alamat karyawan secara manual untuk diproses oleh vendor logistik. Belum lagi pengemasan dan pengiriman yang harus dilakukan secara berulang dalam jangka waktu yang tidak hanya sekali atau dua kali. 

Menggunakan Yippy aspek logistik menjadi jauh lebih mudah. Pengumpulan alamat dapat dilakukan secara otomatis hanya berbekal info kontak saja. Lalu Yippy juga akan melakukan pengemasan dengan banyak pilihan opsi yang bisa dicustom. Hingga akhirnya souvenir tersebut akan dikirimkan ke satu, atau banyak alamat sekaligus tanpa Anda harus berurusan dengan vendor logistik terpisah. 

Merchandise Tracking

Karena jumlah barang yang diberikan sangat banyak, pelacakan progress maupun pengiriman souvenir menjadi kegiatan yang melibatkan banyak pihak atau vendor dan cukup menguras waktu dan tenaga. Worst case scenario, kehilangan barang mungkin tidak terdeteksi sehingga mitigasi masalah tersebut menjadi terlambat. 

Dengan Yippy, Anda dapat melacak progress dari merchandise yang Anda pesan di tracking dashboard Yippy. Anda juga akan mendapatkan notifikasi dari setiap langkah pemrosesan souvenir untuk memastikan kampanye corporate gifting Anda berjalan mulus. 

Campaign Automation 

Yippy juga dapat digunakan untuk mengautomasi kampanye corporate gifting untuk momen spesial perusahaan Anda yang sifatnya berulang. Contohhnya momen ulang tahun karyawan atau anniversary pelanggan setia. 

Menggunakan Yippy, Anda dapat mengadakan campaign gifting otomatis yang dapat direncanakan dari jauh hari. Sehingga di setiap saat momen spesial itu tiba, Anda tak perlu lagi repot untuk mengurus corporate gifting secara terus menerus. 

Mengubah Paradigma Corporate Gifting di Indonesia

Hadirnya Yippy menjadi jawaban kebutuhan pasar akan corporate gifting yang semakin berkembang. Dengan revolusi corporate gifting 2.0 berbasis teknologi, Yippy menjadikan kebutuhan corporate gifting lebih mudah dan strategis.

Kemudahan yang ditawarkan Yippy ditujukan untuk membantu lebih banyak perusahaan untuk meningkatkan relasi serta hubungan baik dengan klien dan karyawan melalui corporate gifting yang berkualitas dan penuh makna.

Dengan market Indonesia yang terbiasa dengan corporate gifting tradisional, Yippy berupaya untuk melakukan langkah ekstra untuk mengedukasi serta meyakinkan pasar bahwa corporate gifting berbasis teknologi menjadi pilihan yang lebih srategis dan menguntungkan untuk jangka panjang. 

Yippy telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan terkemuka baik lokal maupun global diantaranya Netflix, Pertamina, Bank CIMB, Data.ai, Unilever, Flip, Ajaib dan masih banyak perusahaan lainnya.

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai Yippy, Anda bisa mengunjungi laman resmi, akun Instagram @yippygifts, atau Linkedin Yippy.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES