Daerah  

Sangkak Bullying, Tim Konselor Polres Berikan Psikoedukasi Kepada Siswa SD di Kabupaten Lumajang

Sangkak Bullying, Tim Konselor Polres Berikan Psikoedukasi Kepada Siswa SD di Kabupaten Lumajang

lumajang, Kabarnusa24.com.Momen Hari Bhayangkara ke-78, Tim Konselor Polres Lumajang melakukan psikoedukasi kepada siswa SD yang tergabung polisi cilik Kabupaten Lumajang, Senin,3/6/2024.

Kegiatan ini untuk mencegah bullying kepada siswa sekolah SD Kelas 3 – 4 di Aula Indoor SMK Muhamadiyah, Kabupaten Lumajang.

Dalam kegiatan tersebut, Tim Konselor memberikan materi tentang kesehatan mental, stress, dan cara mengendalikan stress.

Tim juga mengajak anak anak melakukan metode butterfly hugs yakni berpelukan dan tepukan diaphragmatic breathing (pernapasan hidung dialirkan hingga keperut kemudian buang nafas melalui mulut secara perlahan) untuk mengurangi stress.

“Tim konselor juga mengajak anak melakukan permainan lempar bola tangkap, untuk mengurangi stress dan menambah kepercayaan diri,” ungkap Kasubsi Pidm Sihumas Polres Lumajang Ipda Sugiarto.

Selain itu melakukan permainan dengan menggandeng tangan dan berusaha menahan laju bola agar tidak sampai menyeberang ke sisi lain.

“Hal itu dilakukan untuk mengurangi stress dan mengedukasi anak dalam meningkatkan sikap kerjasama yang baik antar teman,” ungkap Ipda Sugiarto.

Sugiarto juga mengungkapkan,” Untuk menambah kemampuan berkomunikasi anak, meningkatkan rasa percaya diri serta menumbuhkan sikap bekerjasama yang baik, sehingga mencegah konflik terhadap anak yang memicu tindakan bullying”, ungkapnya.

“Mempertahankan kesehatan mental anak dalam kegiatannya baik di sekolah maupun di luar sekolah,”ungkap Sugiarto.

Tim konselor juga mengedukasi anak sehingga mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri dan mengedukasi anak untuk menerima serta membuka diri menyampaikan segala keluhan dalam menghadapi stress.(D.S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *