Kapolres PALI Hadiri Upacara Penutupan TMMD ke-120 Kodim 044/ME

Kapolres PALI Hadiri Upacara Penutupan TMMD ke-120 Kodim 044/ME

 

Muara Enim- Sumsel ,Kabarnusa24 Com Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 di wilayah Korem 044/Gapo secara resmi ditutup oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Tandyo Budi Revita.

Kegiatan TMMD ke-120 yang diselenggarakan oleh Kodim 0404/Muara Enim ini merupakan Program TNI AD dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan di wilayah Kabupaten Muara Enim , Sumatera Selatan ( Jum’at,7/6/2024)

Turut hadir mendampingi Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Revita berserta ibuTandyo Budi Revita diantaranya Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Naudy Nurdika bersama sejumlah pejabat Kodam II /Sriwijaya diantaranya Aster Kasdam Kolonel Inf Ahmad Hadi , Kapendam Kolonel Inf Paiman , Kolonel Paiman serta perwakilan Batalyon.

Sedangkan Komandan Korem 044 / Gapo , Brigjen TNI M Tohir bersama Kapenrem , Mayor Inf Jauhari dan juga dihadiri Komandan Kodim 0405/ Lahat , Letkol Inf Asis Kamarudin serta sejumlah pengurus Persit Kartika Chandra Kirana XXXIX Kodim 0404/Muara Enim.

Sejumlah pejabat Polri diantaranya Kapolres Prabumulih AKBP Endro , Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin,S.I.K,M.H dan Kapolres Muara Enim diwakili Wakapolres Kompol Roy Tambunan dan juga Wakil Bupati PALI , Soemarjono dan Pejabat Walikota Prabumulih Elman.

Diawali dengan pembacaan laporan hasil pelaksanaan dari Komandan Satgas TMMD yang juga Komandan Kodim 0404/Muara Enim Letkol Inf Nugraha SH ,MIP.

Sebagai informasi, Selama 30 hari, terhitung dibuka pada tanggal 8 Mei 2024 lalu, kegiatan ini terdiri dari pembangunan fisik dan juga non fisik meliputi sejumlah kegiatan Fisik dan 2 kegiatan tambahan diantaranya pembukaan jalan sepanjang 6 KM dengan lebar 8 M, Rehab Pos Kamling sebanyak 4 unit, Rehab Mushola 1 unit, pembuatan sumur bor 3 unit dan MCK 1 unit, melakukan Rehab terhadap rumah tidak layak huni 5 unit serta melaksanakan program pengentasan Stunting dan penghijauan.

Saat upacara penutupan Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Revita yang membacakan amanat tertulis dari KASAD Jenderal Maruli Simanjuntak.

“Kegiatan TMMD yang ke-120 merupakan salah satu peran teritorial Kodim dalam mendorong percepatan pembangunan wilayah termasuk dukungan positif komponen masyarakat untuk melakukan pembangunan di daerah tertinggal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” Beber Letjen TNI Tandyo Budi Revita.

Dirinya menambahkan apresiasi dan dukungan kepada semua pihak sehingga dapat terlaksana progres pencapaian TMMD 120 Kodim 0404/ Muara Enim.

“Selaku penanggung jawab operasional TNI, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi kepada pemerintah daerah kabupaten Muara Enim yang telah mengalokasikan APBD untuk mendukung kegiatan TMMD tahun 2024 dan juga atas partisipasi sejumlah BUMN , BUMD serta BUMS sebagai wujud sinergitas terlaksananya capaian kegiatan sehingga dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat,” Lanjutnya.

Hasil yang dicapai pada kegiatan TMMD ini akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim sebagai wujud kemanunggalan TNI dan Rakyat serta semangat sinergitas bersama lintas sektoral dan lintas terkait agar mampu mendorong kemajuan infrastruktur daerah tertinggal.

Termasuk didalamnya beberapa kegiatan Non Fisik yang mempunyai peran yang sangat penting dan dibutuhkan dalam mengembangkan sumberdaya manusia di wilayah sasaran kegiatan.

Setelah acara penutupan TMMD, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian tali asih berupa pembagian sembako serta alat kesehatan seperti kursi roda, dan dilanjutkan peninjauan UMKM.

Ada momentum menarik dari seorang Letkol Inf Nugraha dimana pada saat usai kegiatan , Dandim Nugraha mengajak dan mengingatkan agar personil dan tamu undangan lainnya untuk melaksanakan shalat Jumat di mesjid desa Sidomulyo.

Tak ayal , Mesjid yang lebih didalamnya dan juga sebagian melaksanakan ibadah Jumat pada teras mesjid.

Dalam khutbahnya , Kyai Mahfud yang juga tokoh agama kabupaten Muara Enim mengingat agar kita sebagai manusia agar mematuhi Sang Khalik Allah SWT sebagai implementasi dari Athiullah Wa Athiurrasul serta taat kepada pemimpin.

Termasuk setelah kepatuhan dan akan timbul rasa bersyukur.

Termasuk didalamnya, sebagai perwakilan masyarakat desa Sidomulyo sebagai wujud syukur dan apresiasi atas perhatian Kodim 0404/Muara Enim yang menetapkan desa Sidomulyo sebagai salah satu desa sasaran pencapaian.

” Kami mewakili segenap pengurus Mesjid At Taqwa dan juga mewakili masyarakat desa Sidomulyo mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kodim 0404/ Muara Enim yang telah membangun desa kami dan mudah mudahan Allah SWT membalas kebaikan tersebut melebihi kebaikan yang telah kami terima ,” Doa Kyai Mahfud yang juga didampingi segenap pengurus mesjid lainnya

Bukan tidak beralasan Kyai Mahfud menyampaikan demikian , Mengingat selama pelaksanaan TMMD , Kyai Mahfud yang juga Imam Masjid At Taqwa desa Sidomulyo terselip kerinduan dan keharuan mengingat sebagian jemaah ibadah shalat Fardu juga aktif diikuti personil TMMD 120 Kodim 0404/Muara Enim yang salah satu Poskonya tepat berada di depan Mesjid At Taqwa desa Sidomulyo.

Senada demikian, Mashudi ( 48) warga desa Sidomulyo yang menerima RTLH menyampaikan terima kasih dan merupakan berkah yang diterima bagi keluarganya.

” Terimakasih kepada bapak TNI dan Kodim Muara Enim yang telah membangun rumah kami yang sebelumnya ( sembari menunjukkan foto rumah sebelumnya,Red) sehingga menjadi lebih bagus dan layak , ” Sebut Mashudi didampingi istri dan anaknya disaat diwawancarai awak media.

Sebagai informasi penutup , Semoga TMMD Kodim 0404/Muara Enim sebagai wujud sinergitas dan dorongan percepatan pembangunan wilayah dan juga sebagai salah satu wujud pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara dan diharapkan nantinya program unggulan dan sasaran fisik dan nonfisik dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberikan manfaat sepenuhnya dalam menstimulasi perekonomian masyarakat desa serta nantinya bagi daerah yang belum terjangkau program TMMD akan dapat dilaksanakan pada pelaksanaan TMMD pada periode berikutnya.

Sumber: Polres PALI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *