Religi  

DMI Diharapkan Mampu Meningkatkan Fungsi Masjid

DMI Diharapkan Mampu Meningkatkan Fungsi Masjid

SUMEDANG, Kabarnusa24.com – Keberadaan Dewan Kemakmuran Masjid Indonesia (DMI) diharapkan mampu meningkatkan fungsi masjid. Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja tetapi juga digunakan sebagai pusat kegiatan masyarakat dalam berbagai bidang, baik bidang sosial, ekonomi, budaya, maupun pendidikan.

“Kami berharap keberadaan DMI bisa meningkatkan fungsi masjid, bukan hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga dapat berfungsi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di lingkungan sekitar,” ujar Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat membuka Talkshow Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Kemasjidan di Aula Islamic Center Sumedang, Selasa (11/6/2024).

Dikatakan Yudia, sebagaimana tertuang dalam visi Sumedang SEHATI. Salah satunya Sumedang Agamis, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang akan terus berupaya menyelaraskan program kerjanya dengan memperhatikan kegiatan berbasis keagamaan termasuk di bidang sarana peribadatan. “Untuk memakmurkan masjid, beberapa hal dilakukan diantaranya memperbaiki sarana prasarana tempat ibadah. Masjid Besar di kecamatan bakal mendapatkan bantuan mimbar pada bulan Agustus mendatang,” katanya.

Bahkan, terang Yudia, agar umat muslim merasa terpanggil ketika azan dikumandangkan serta melakukan berbagai kegiatan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. “Saya telah membuat surat edaran agar aparatur di SKPD, kecamatan sampai desa menghentikan seluruh aktifitasnya ketika azan mulai berkumandang untuk segera melaksanakan salat berjemaah di masjid atau musala,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Talkshow Yayan Muchtar menyampaikan, acara ini selain bertujuan untuk menjalin silaturahmi juga untuk mensinergikan berbagai program dan kegiatan DMI dengan organisasi yang ada khususnya dengan Pemda untuk turut serta dalam menyukseskan program pembangunan melalui pendekatan masjid. Acara ini juga membahas problematika umat serta menggali ide maupun gagasan dalam mengatasi permasalahan internal dan external organisasi kemasjidan.

“Kami berharap melalui acara ini dapat meningkatkan upaya kerjasama dan pemberdayaan masjid untuk kesejahteraan masyarakat Sumedang,” katanya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *