Daerah  

Jelang Hari Raya Idul Adha, KAI Daop 7 Madiun Menyiapkan 11.510 Tempat Duduk

Jelang Hari Raya Idul Adha, KAI Daop 7 Madiun Menyiapkan 11.510 Tempat Duduk

Jelang Hari Raya Idul Adha, KAI Daop 7 Madiun Menyiapkan 11.510 Tempat Duduk

Madiun, Kabarnusa24.com – Dalam rangka menyambut perayaan Idul Adha pada periode libur yang berlangsung dari 14 hingga 18 Juni 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun siap melayani kebutuhan transportasi masyarakat dengan menyiapkan 11.510 tempat duduk. Tempat duduk ini tersedia pada empat kereta api reguler yang berangkat dari Daop 7 Madiun.

Jelang Hari Raya Idul Adha, KAI Daop 7 Madiun Menyiapkan 11.510 Tempat Duduk

Setiap harinya, KAI Daop 7 Madiun menyediakan kapasitas tempat duduk sebagai berikut:

1. KA Bangunkarta (Jombang-Pasarsenen PP) 680 tempat duduk per hari
2. KA Singasari (Blitar-Pasarsenen PP)680 tempat duduk per hari
3. KA Brantas (Blitar-Pasarsenen PP)680 tempat duduk per hari
4. KA Kahuripan (Blitar-Kiaracondong PP) 742 tempat duduk per hari

Manager Humas Daop 7 Madiun, Kuswardojo menyampaikan total kapasitas harian KA yang berangkat dari Daop 7 Madiun mencapai 2.302 tempat duduk.

“KAI Daop 7 Madiun berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan selama masa libur Idul Adha. Kami memastikan semua penumpang dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu, ” jelas Kuswardojo.

Selain itu KAI juga memastikan pelayanan di stasiun-stasiun yang berada di wilayah Daop 7 dalam kondisi yang baik dengan mensiagakan petugas, untuk menjaga keamanan, kebersihan, dan memastikan fasilitas umum seperti ruang tunggu dan toilet dalam kondisi prima sehingga dapat memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang.

Kuswardojo menambahkan bahwa berdasarkan data penjualan hingga pukul 08.00 hari ini, untuk 4 Kereta api keberangkatan Daop 7 Madiun, total tiket yang telah terjual sebanyak 12.126 tiket atau 105 % dari kapasitas yang disediakan sebanyak 11.510.

Berikut adalah jumlah penumpang naik dari beberapa stasiun keberangkatan Daop 7 Madiun pada 14-18 Juni 2024:
– Stasiun Madiun: 4.095 pelanggan
– Stasiun Kediri: 2.630 pelanggan
– Stasiun Jombang: 1.374 pelanggan
– Stasiun Kertosono: 1.586 pelanggan
– Stasiun Blitar: 1.667 pelanggan
– Stasiun Tulungagung: 1.576 pelanggan

KAI mengimbau masyarakat yang berencana bepergian menggunakan kereta api untuk segera memesan tiket agar dapat memilih kereta api dan tanggal keberangkatan sesuai keinginan. Bagi penumpang yang tidak mendapatkan tiket pada jadwal yang diinginkan, bisa memanfaatkan fitur connecting train di aplikasi Access by KAI, yang memungkinkan penumpang mengkombinasikan jadwal kereta api yang bersifat penyambungan.

Selain itu dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, mulai 1 Juni 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan kebijakan baru terkait waktu pengembalian dana pembatalan tiket KA Antar Kota. Berdasarkan kebijakan ini, pengembalian dana akan dilakukan paling lambat dalam waktu 7 hari setelah tanggal pembatalan. Sebelumnya, batas waktu pengembalian bea tiket yang dibatalkan maksimal 45 hari.

KAI Daop 7 juga menyediakan fasilitas air minum gratis di empat stasiun besar, yaitu Madiun, Kertosono, Kediri, dan Blitar. Fasilitas ini tersedia secara permanen untuk kenyamanan para penumpang.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang selama libur panjang Idul Adha ini. Dengan berbagai persiapan yang telah kami lakukan, kami yakin dapat memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dengan aman dan nyaman,” ujar Kuswardojo.

PT KAI Daop 7 Madiun berharap perjalanan masyarakat selama libur panjang Idul Adha ini menjadi pengalaman yang menyenangkan. Selamat merayakan Idul Adha kepada seluruh masyarakat. (HMS, Suryadi).

Penulis: Suryadi Editor: Suryadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *