Sekapur Sirih

Hakekat Qurban Ada Dalam Jiwa

4
×

Hakekat Qurban Ada Dalam Jiwa

Sebarkan artikel ini
Hakekat Qurban Ada Dalam Jiwa

Hakekat Qurban Ada Dalam Jiwa

Kabarnusa24.com, – Ibadah kurban yang dilakukan dengan cara menyembelih hewan kurban pada hakikatnya adalah bentuk ekspresi keimanan dan ketakwaan atas perintah Allah SWT. Pengamalan kurban ini bersifat ta’abbudi dan harus sesuai dengan petunjuk Allah dan rasul-Nya.

Mengenai hakekat Qurban Allah Subhanahu Wa Ta’ala menegaskan dalam firmannya:

لَنْ يَّنَا لَ اللّٰهَ لُحُـوْمُهَا وَلَا دِمَآ ؤُهَا وَلٰـكِنْ يَّنَا لُهُ التَّقْوٰى مِنْكُمْ ۗ كَذٰلِكَ سَخَّرَهَا لَـكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِيْنَ

“Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah Dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Hajj ; Ayat 37)

Jika kita saat ini tidak bisa mencari Hewan Qurban dengan kenyataan, cukup mencari ke hewan dalam diri kita, ternyata dalam jiwa kita adalah kebun binatang yang besar isinya penuh dengan aneka hewan. Lalu Jika kita membiarkan sifat-sifat Hewani dalam diri kita, maka derajat kita secara bathin adalah hewan.

Dengan mengalahkan sifat-sifat hewani dalam jiwa kita, melalui HATI nya yang selalu diputari dan di kelilingi dengan Dzikirulloh, sehingga semua sifat binatang dalam diri kita sudah hilang, maka itulah hakekat qurban yang sebenarnya.

Semoga qurban idul adha kita tahun ini sesuai syariat dan hakekat menjadi bentuk ketaqwaan dihadapan Allah SWT.

Dan Semoga Kita diberi kenyang yang cukup, Kenyang yang tidak terbuat dari laparnya Orang lain, Juga kenyang yang tidak membuat lapar orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *