Latihan Penanggulangan Bencana Alam bersama Kodim 0509 Kab Bekasi

Latihan Penanggulangan Bencana Alam bersama Kodim 0509 Kab Bekasi

Bekasi_Jabar || KabarNusa24.com – Kodim 0509/Kab Bekasi memberikan pelatihan kepada Anggota Pramuka Saka Wira Kartika tentang penanggulangan bencana alam di Situ Leungsir, Serang Baru, Kabupaten Bekasi. Jumat 21/06/2024) jam 08.00 WIB sampai dengan selesai.

“Kami latih anak-anak pramuka itu agar memiliki keterampilan dan kepedulian apabila terjadi bencana alam salah satunya ketika banjir,” kata Danramil 12/Serangbaru, Mayor Inf Terusno.

Disampaikan Mayor Inf Terusno, keterampilan dan ilmu dalam upaya memberikan pertolongan ketika terjadi bencana alam sangat penting diketahui dan dipelajari generasi muda terutama anak-anak pramuka.

Menurut Danramil, upaya penanggulangan bencana bisa dilakukan oleh siapa saja yang mesti terlatih dan terampil.

“Beberapa materi terkait penanggulangan bencana alam kami akan melatih minimal anak-anak pramuka itu paham teknis dasar ketika terjadi bencana alam,” ucapnya.

Selain materi pembelajaran, para Anggota Pramuka Saka Wira Kartika juga diajarkan langsung praktek penggunaan perahu karet yang bisa digunakan untuk kegiatan penyelamatan ketika banjir dan bencana alam lainnya.

“Mulai dari persiapan, mengangkat hingga mendayung bahkan upaya penyelamatan, akan kami ajarkan kepada anak-anak pramuka itu,” kata Danramil.

Dia berharap latihan penanggulangan bencana alam tersebut dapat memberikan manfaat bagi anak pramuka sehingga bisa diimplementasikan ketika terjadi bencana alam.

“Pramuka bisa membantu untuk menanggulangi bencana alam seperti banjir, sikap kepedulian dan kemanusiaan harus selalu tertanam pada anak pramuka. Saka Wira Kartika ini nantinya menjadi ujung tombaknya generasi muda, tugas-tugasnya adalah membantu pemerintah daerah dan masyarakat apabila terjadi bencana.” katanya.

Giat pelatihan penanggulangan bencana Saka Wira Kartika dihadiri Paban Sterdam Jaya Mayor Inf Zaenal Arifin, Pasiter Kodim Kapten Arm Kurija, BPBD Kabupaten Bekasi, siswa-siswi Pramuka dan Karang Taruna Desa Jayasampurna.(Wati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *