InternasionalNasional

Terkait Pelayanan Jamaah Haji Penyandang Disabilitas, Ketum PPDI Angkat Bicara

8
×

Terkait Pelayanan Jamaah Haji Penyandang Disabilitas, Ketum PPDI Angkat Bicara

Sebarkan artikel ini
Terkait Pelayanan Jamaah Haji Penyandang Disabilitas, Ketum PPDI Angkat Bicara

Jakarta, kabarnusa24.com – Jemaah Haji penyandang disabilitas belum mendapatkan perhatian penuh dari kementerian Agama Republik Indonesia, pasalnya, masih banyak para penyandang disabilitas yang mengalami sangat kesulitan untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang sesuai sehingga menuai perhatian mulai dari Komisi Nasional Disabilitas (KND) sampai dengan kelompok Disabilitas.

Ketua Umum, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) merespon permasalahan tersebut, saat dihubungi awak media,  jumat (21/06) agar pelayanan bagi para disabilitas dalam menjalankan ibadah haji semakin ditingkatkan, PPDI merupakan payung bagi organisasi sosial penyandang disabilitas, merupakan organisasi sosial kemasyarakatan bagi penyandang disabilitas sesuai dengan tingkat kedudukannya yang berfungsi sebagai wadah perjuangan, koordinasi, konsultasi, advokasi dan sosialisasi disabilitas di tingkat nasional dan internasional.

Dijelaskannya, kejadian yang terjadi pada para jemaah haji penyandang disabilitas & Lansia yang tidak terfasilitasi oleh Kementrian Agama sangat disesalkan.

“Kemenag RI seharusnya banyak baca tentang undang-undang disabilitas serta Lansia dan harus banyak mendengar.

H. Norman Yulian, Menyarankan untuk terkait Jamaah Haji Disbilitas & Lansia Lebih di persiapkan dengan matang. Menurutnya, dari sebelum dan pelaksanaan keberangkatan seperti contoh pelatihan Manasik Haji, menyediakan Pelayanan Pendamping untuk Disabilitas serta Lansia diantaranya Juru Bicara Isyarat (JBI) untuk Tuna rungu dan banyak hal terkait Ragam Disabilitas dan Lansia sehingga Pelaksanaan Haji Ramah terhadap Disabilitas dan Lansia.

“Pentingnya pendampingan khusus bagi para penyandang disabilitas dalam menjalankan ibadah haji, dari mulai manasik haji sampai kepada pemberangkatan ibadahnya ke Mekah,” Kata Ketum PPDI bank H. Norman.

H. Norman berharap, semoga kejadian tersebut tidak terjadi dan terulang ditahun depan dan menjadi harapannya para jamaah haji dapat pelayanan dan Akses sehingga Pelaksanaan Jamah Haji Ramah Terhadap Bagi Penyandang Disabilitas dan Lansia, ucapnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *