Opini  

Peringati 10 Muharam, Kemenag Targetkan Beri Bantuan pada 1 Juta Yatim dan Difabel

Peringati 10 Muharam, Kemenag Targetkan Beri Bantuan pada 1 Juta Yatim dan Difabel

Jakarta, Kabarnusa24.com – Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama akan menggelar kegiatan Lebaran Yatim: Berbagi Cinta Berlimpah Berkah untuk memperingati 10 Muharam 1446 Hijriah. Acara yang akan dihelat pada 16 Juli 2024 tersebut juga menjadi bagian dari peluncuran program Bantuan Zakat dan Wakaf 2024.

Perhelatan Lebaran Yatim itu menargetkan pemberian bantuan kepada satu juta anak yatim dan difabel di seluruh Indonesia.

“Lebaran Yatim akan kita gelar bersamaan dengan Kick Off program Kampung Zakat, Pengembangan Ekonomi Umat, Inkubasi Wakaf Produktif, dan Kota Wakaf. Kita menargetkan memberi bantuan kepada sejuta anak yatim dan kelompok difabel se-Indonesia,” ujar Kasubdit Inovasi, Edukasi, dan Kerja Sama Zakat Wakaf, Muhibuddin kepada wartawan, Rabu (26/6/2024).

Muhib menerangkan, program ini juga menjadi dorongan bagi program-program BAZNAS dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk menyejahterakan anak yatim dan difabel.

“Kita juga akan ekspos terkait program-program BAZNAS dan LAZ tadi untuk konteks program yatim dan difabel. Misalnya, BAZNAS punya program hibah modal untuk difabel, atau LAZ Baitul Muamalat punya bantuan kacamata, alat dengar, kaki palsu; yang nantinya kita masifkan ke publik dengan kolaborasi,” ucap Muhib.

Muhib berharap, lewat Festival Muharram, masyarakat memiliki kesadaran untuk peduli terhadap sesama, khususnya anak yatim dan kelompok difabel. Selain itu, ia mengungkapkan, acara ini menjadi aktualisasi bagi LAZ untuk menunjukkan kontribusi nyata dalam menyejahterakan kelompok tersebut.

“Kita mengajak kepada masyarakat untuk kembali menghidupkan ruh kepeduliannya sebagai manusia untuk peduli kepada sesama khususnya untuk anak yatim,” pungkas Muhib.

Sumber: Kemenag RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *