Daerah  

Pemdes Sidorejo Gelar Acara Bersih Dusun Dengan Kirab Budaya Dan Tari Gambyong

Pemdes Sidorejo Gelar Acara Bersih Dusun Dengan Kirab Budaya Dan Tari Gambyong

Pemdes Sidorejo Gelar Acara Bersih Dusun Dengan Kirab Budaya Dan Tari Gambyong

Madiun, Kabarnusa24.com – Kebudayaan tari Gambyong merupakan salah satu tradisi adat istiadat yang masih di uri – uri masyarakat dusun Jomblangbetek Desa Sidorejo, Kecamatan Saradan, kabupaten Madiun di saat pelestarian budaya bersih desa.

Tradisi bersih desa ini merupakan peninggalan leluhur yang masih di lestarikan masyarakat Jawa, seperti halnya Dusun Jomblangbetek ini masyarakat berbondong – bondong berkumpul di sendang Gong perdamaian melakukan kirab budaya lalu ritual doa bersama dan di lanjutkan kesenian tari gabyong. Minggu, (21/7/24).

Pemdes Sidorejo Gelar Acara Bersih Dusun Dengan Kirab Budaya Dan Tari Gambyong
Tari Gambyong yang masih menjadi uri-uri warga Dusun Jomblangbetek, Desa Sidorejo, Kec. Saradan, Kab. Madiun. (21/7/24)

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Sidorejo,Perangkat Desa,Babinkamtibmas, Babinsa,Lembaga – lembaga serta warga sekitar yang ikut serta ingin menyaksikan acara tersebut.

Kepala Desa Sidorejo Setio Budi mengatakan, Bersih Bersih Dusun dalam rangka mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas segala hasil panen pertanian,Rangkaian acara yang dikemas meliputi Parade Budaya, Pengarakan Bendera Merah Putih dan Pusaka Desa, Kirab Tumpeng Raksasa, hingga Parade Kampung Pesilat

“Alhamdulillah kondisi desa juga menjadi guyub rukun, dan tentram. Sehingga dari situlah kami mengadakan syukuran,” ujarnya.

Selain itu warga luar desa sidorejo juga bisa ikut merasakan hiburan tersebut dari khalayak anak muda hingga orang tua,karena gambyong sekarang sudah banyak di minati kalangan anak muda.

Di harapkan kerukunan antar sesama tetap terus terbina dengan baik.dengan terlaksananya kegiatan ini adalah wujud kecintaan terhadap keberadaan suku, adat, seni, dan budaya yang ada di daerah, khususnya suku Jawa.

“Kami berharap keharmonisan kerukunan dan kebersamaan masyarakat terjalin dengan erat dan penuh rasa persaudaraan dapat terus terpelihara. Kerukunan dan kebersamaan ini modal penting bagi kita untuk membangun Desa Sidorejo,” harapan Kades Sidorejo. (walied)

Penulis: WaliedEditor: Suryadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *