Sosialisasi Lomba Kampung Bersih di Bojongmangu, Musik Angklung Sambut PJ Bupati Bekasi

Sosialisasi Lomba Kampung Bersih di Bojongmangu, Musik Angklung Sambut PJ Bupati Bekasi
Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan ikut memainkan musik angklung bersama puluhan Ketua RT dan RW di acara Lomba Kampung Bersih (LKB) Bumi Perkemahan Karang Kitri, Desa Karang Mulya, Kecamatan Bojongmangu, pada Senin (22/07/2024).

BEKASI, Kabarnusa24.com – Puluhan Ketua RT dan RW se-Kecamatan Bojongmangu menyambut kehadiran Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan dengan memainkan musik angklung di acara Sosialisasi Lomba Kampung Bersih (LKB) Makin Berani, yang digelar di Bumi Perkemahan Karang Kitri, Desa Karangmulya, pada Senin (22/7/2024).

Bersama 36 Ketua RW dan 84 Ketua RT yang hadir di acara Sosialisasi LKB, Dani Ramdan ikut memainkan musik tradisional sunda tersebut.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengajak masyarakat Kecamatan Bojongmangu yang mayoritas berkultur Sunda untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mempertahankan budaya warisan nenek moyang. Salah satunya, budaya gotong-royong yang harus dibangkitkan kembali di tengah masyarakat.

“Melalui Lomba Kampung Bersih, kita hidupkan kembali budaya gotong-royong untuk membersihkan lingkungan dan mengolah sampah, agar lingkungan kita bersih, sehat dan asri,” kata Dani Ramdan.

Dani mengajak seluruh RT/RW dan masyarakat Bojongmangu untuk ikut berpartisipasi dalam lomba kampung bersih, dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-74 dan HUT RI ke-79 tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut, Dani Ramdan juga menyampaikan, hadirnya Gerbang tol di wilayah Bojongmangu tentu ke depannya akan membuat banyak pendatang dari luar daerah yang pindah ke Bojongmangu.

Tapi meskipun nanti banyak pendatang dari luar, Dani menegaskan, warga Bojongmangu harus bisa mempertahankan budaya sendiri, budaya dan kearifan lokal sebagai orang Sunda.

“Ketika ada budaya luar yang masuk, kita ambil yang bagusnya, kita padukan dengan budaya kita. Yang pasti, masyarakat Bojongmangu jangan sampai jadi tamu di rumah sendiri,” tandasnya

Selain mempertahankan budaya Sunda dengan ramah tamahnya, Pj Bupati Dani Ramdan mengajak warga Bojongmangu agar bisa mengenalkan budaya Sunda pada generasi muda.

“Kita harus bisa mengajarkan kepada anak cucu kita agar nanti budaya Sunda yang ada di wilayah Bojongmangu tidak punah oleh jaman,” pungkasnya.

Sumber: Diskominfosantik Kabupaten Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *