Daerah

Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Untuk Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan

4
×

Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Untuk Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan

Sebarkan artikel ini
Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Untuk Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan

PALI –  Sumatra Selatan, Kabarnusa24.Com

Pada Rabu, 31 Juli 2024, pukul 08.45 WIB, Lapangan Gelora 10 November di Kabupaten PALI menjadi lokasi Apel Gelar Pasukan dan Peralatan untuk Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2024.

Kegiatan ini dipimpin oleh Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemardjono, dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait termasuk Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K., M.H., serta sejumlah pejabat lainnya dari kepolisian, TNI, dan dinas terkait.

Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K., M.H., menekankan pentingnya koordinasi antara semua stakeholder untuk mengantisipasi dan menanggulangi potensi kebakaran hutan dan lahan yang dapat merugikan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

“Daerah rawan bencana Karhutla meliputi hampir seluruh kecamatan di Kabupaten PALI. Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan, termasuk pembuatan kanal blocking, embung, dan kolam penampungan air,” ungkapnya.

AKBP Khairu Nasrudin Juga mengatakan bahwa Apel ini juga mengingatkan perusahaan-perusahaan agar lebih proaktif dalam pencegahan kebakaran, mengikuti instruksi Presiden Jokowi tentang pencabutan izin usaha bagi perusahaan yang lahannya terbakar.

Lanjutnya, Kegiatan Apel Gelar Pasukan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan memperkuat koordinasi antar instansi.

“semua pihak diminta untuk memperkuat komunikasi dan bekerja sama dalam menangani Karhutla, terutama menjelang musim kemarau yang berpotensi meningkatkan risiko kebakaran,” ucapnya

Dalam upaya mitigasi, Polres PALI akan terus berkoordinasi dengan Polsek dan BPBD setempat serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah pembakaran lahan secara sembarangan.

Dengan adanya Pos Komando dan Tim Satgas yang telah dibentuk, serta dukungan dari berbagai pihak, diharapkan Kabupaten PALI dapat lebih siap dalam menghadapi potensi bencana Karhutla dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *