BeritaDaerah

Kota Cimahi Raih Penghargaan Pengendalian Inflasi 2024

3
×

Kota Cimahi Raih Penghargaan Pengendalian Inflasi 2024

Sebarkan artikel ini
Kota Cimahi Raih Penghargaan Pengendalian Inflasi 2024

Kabarnusa24.com

JAKARTA, DISKOMINFO — Pemerintah Daerah Kota Cimahi meraih penghargaan Insentif Fiskal kategori Pengendalian Inflasi Daerah Periode Pertama Tahun 2024. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian, kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, pada acara Rakor Pengendalian Inflasi di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri RI Jakarta, Senin (05/08). Penghargaan ini diberikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 295 Tahun 2024.

Kota Cimahi Raih Penghargaan Pengendalian Inflasi 2024

Kota Cimahi dinilai berhasil dalam pengendalian inflasi dan menerima Insentif Fiskal senilai Rp6.112.728.000. Selain Kota Cimahi, penghargaan ini juga diberikan kepada 4 provinsi, 9 kota, dan 36 kabupaten, menjadikannya total 50 pemerintah daerah yang meraih penghargaan Insentif Fiskal tahun 2024 dengan total alokasi sebesar Rp300.000.000.000 untuk periode pertama.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menekankan bahwa penghargaan ini bertujuan menumbuhkan iklim kompetitif antar daerah. “Pemberian penghargaan Insentif Fiskal ini merupakan instrumen yang diberikan untuk menumbuhkan iklim kompetitif antar daerah karena inflasi nasional tidak hanya tergantung dari kinerja Pemerintah Pusat namun juga tergantung pada kinerja Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota,” ujarnya.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, Luky Alfirman, menjelaskan bahwa penghargaan ini diberikan atas kinerja pemerintah daerah dalam mengendalikan inflasi. “Pemberian penghargaan ini dilakukan atas kinerja Pemerintah Daerah pada tahun berjalan dan diberikan dalam beberapa periode dan beberapa kategori, agar Pemerintah Daerah terus terpacu untuk meningkatkan kinerjanya sepanjang tahun 2024,” jelas Luky. Penilaian meliputi pelaksanaan sembilan upaya pengendalian inflasi pangan, kepatuhan dalam laporan, peringkat inflasi, serta rasio realisasi dan alokasi belanja titik inflasi terhadap total anggaran belanja daerah.

Kota Cimahi Raih Penghargaan Pengendalian Inflasi 2024

Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi ini. “Ini adalah penghargaan yang sangat luar biasa karena Kota Cimahi dinilai berhasil dalam melakukan terobosan dan langkah-langkah sehingga inflasi tetap terjaga sesuai dengan harapan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan tentunya untuk masyarakat Kota Cimahi,” pungkasnya.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri RI, Wakil Menteri Keuangan RI, Kepala Badan Pangan Nasional, Kepala Badan Pusat Statistik, Deputi III Kantor Staf Presiden, pejabat tinggi Kementerian dan Lembaga, serta gubernur, bupati, dan wali kota penerima penghargaan. Gubernur dan Bupati/Wali Kota lainnya hadir secara daring. (Bidang IKPS)

Reforter;

Fazar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *