DaerahPendidikan

Tari ‘Towo Nii’ Jadi Hiburan Saat Peresmian Gedung Perpustakaan Daerah Konkep.

5
×

Tari ‘Towo Nii’ Jadi Hiburan Saat Peresmian Gedung Perpustakaan Daerah Konkep.

Sebarkan artikel ini
Tari 'Towo Nii' Jadi Hiburan Saat Peresmian Gedung Perpustakaan Daerah Konkep.
Ketgam; Bupati Konkep saat memberikan cindera mata kepada Sekertaris Utama Perpustakaan Nasional RI. Foto ; Hendrawan

Langara, Kabar Nusa24 – Dalam rangka mengimplementasikan salah satu tujuan Negara Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan Bangsa, Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) meresmikan Gedung Pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Konkep. Selasa (20/8).

Tarian modontambe menjadi sambutan hangat yang di peragakan oleh siswa-siswa SDN 2 Wawonii Barat, kemudian aksi panggung dalam menampilkan tarian khas Pulau Wawonii “Towo Nii” (Tempurung Kelapa) dari SMPN 2 Wawonii Barat menjadi penghibur saat pembukaan kegiatan.

Tak mau kala spektakuler, penampilan Muhammad Rafan Pratama salah seorang siswa dari SDN 6 Wawonii Timur berhasil menghipnotis jajaran pemerintah kabupaten Konkep dan tamu undangan dengan pembacaan puisinya yang berjudul Sajak Pelita Literasi.

Bupati Konkep, Ir. H. Amrullah, MT dalam sambutannya mengapresi kinerja Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Konkep beserta jajarannya yang telah berhasil dalam membangun gedung pelayanan perpustakaan umum daerah kabupaten Konkep di penghujung masa jabatannya.

“Pengembangan perpustakaan memegang peranan yang penting dan strategis dalam mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ungkapnya, Selasa (20/8).

Tak hanya itu, kata dia, dengan adanya Perpustakaan dapat menjadi lumbung ilmu pengetahuan bagi masyarakat tidak hanya anak sekolah, mahasiswa, para akademisi, pelaku usaha serta Aparatur Sipil Negara (ASN) tetapi juga masyarakat umum.

Selain itu, Bupati dua periode itu mengatakan, Perpustakaan juga dapat menjadi ruang publik yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan pendidikan penelitian dan juga tempat berkreasi dan rekreasi.

“Untuk itu, dibutuhkan kreativitas dan inovasi pelayanan sehingga para pegiat literasi bisa betah berada dalam gedung layanan perpustakaan, kondisi ini tentunya sesuai dengan konsep pembangunan gedung layanan perpustakaan umum daerah Kabupaten Konawe Kepulauan,” pesannya.

Ia menghimbau, kepada seluruh komponen masyarakat agar senantiasa bersama-sama menghidupkan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai wadah mencari solusi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Konkep.

Di penghujung sambutannya, ia menyampaikan rasa terima kasih kepada sekertaris utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang telah menyempurnakan hadir dalam kegiatan tersebut. “Terimakasih juga kepada Kepala Dinas perpustakaan dan pengarsipan daerah kabupaten Konawe Kepulauan serta semua pihak yang terkait atas keberhasilan yang dicapai,” tuntasnya.

Di tempat yang sama, Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Konkep, Danyal mengatakan, sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Konkep telah membangun 14 perpustakaan Desa dari beberapa kecamatan dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus tahun 2022-2023.

“Salah satu program prioritas dalam pilar Wawonii Cerdas adalah pengembangan literasi masyarakat, selain 14 perpustakaan Desa yang di bangun oleh Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan, ada pula beberapa pembangunan pojok baca yang di bangun dengan cara swadaya masyarakat dengan menggunakan Dana Desa,” terangnya.

Sekedar diketahui, Hadirnya Sekertaris Utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Dr. Joko Santoso,M.Hum di Pulau Wawonii, serta Ketua DPRD Konkep Ishak,SE dan jajaran Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Konkep menjadi saksi peresmian Gedung layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Konkep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *