DaerahLingkungan

Peran Pengusaha Swasta dalam Perbaikan Jalan di Desa Jayasampurna

10
×

Peran Pengusaha Swasta dalam Perbaikan Jalan di Desa Jayasampurna

Sebarkan artikel ini
Peran Pengusaha Swasta dalam Perbaikan Jalan di Desa Jayasampurna

Bekasi_Jabar || KabarNusa24.com – Warga Kampung Lengsir, Desa Jayasampurna, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, mengapresiasi sikap dan langkah dari pengusaha yang memiliki kepedulian untuk memperbaiki ruas jalan menuju pemakaman umum yang ada di Kampung mereka.

“Saya mengapresiasi sikap dari pihak swasta yang sudah membantu pemerintah untuk penanganan ruas jalan tersebut. Karena ini memang saya memahami kondisi ruas jalan lebih tinggi dari pemukiman penduduk dan rusak sehingga rasa takut untuk melewati jalan tersebut, sekarang sudah tidak ada lagi, bahkan dibilang nyaman. Langkah ini tentunya sangat membantu sementara kalau kita minta kepada pihak terkait belum tentu setahun dua tahun bisa terealisasikan,” kata Nana Ruhyana, selaku tokoh masyarakat Kampung Lengsir, Selasa (03/09/2024).

Nana menyebutkan sikap demikian memang sejak awal mereka harapkan kepada pihak swasta untuk membantu penanganganan supaya ruas jalan itu bisa fungsional. Dengan begitu, warga yang akan berziarah ke makam tidak perlu merasa khawatir lewat jalan itu.

“Yang penting perbaikannya dulu. Karena hal semacam ini sudah sejak awal kita berharap perusahaan swasta manapun yang mau bersinergi dengan pemerintahan desa atau lingkungan hendaknya kehadiran mereka bermanfaat untuk masyarakat,” tegasnya.

Tokoh masyarakat yang juga tokoh agama ini menegaskan jika kepedulian dari pihak pengusaha swasta hendaknya bisa jadi contoh bagi pengusaha lain. Karena yang memanfaatkan jalan itu juga adalah bagian dari dunia usaha dan keinginan warga. Sehingga sangat dibutuhkan kepedulian untuk perbaikan ruas jalan itu sendiri.

Diketahui, salah satu pengusaha muda, Robin, telah menyumbang material untuk perbaikan jalan menuju pemakaman umum yang awalnya kondisi jalan tersebut rusak dan tebing yang ketinggiannya lebih tinggi dari pemukiman penduduk.

Nana menjelaskan, tanah tersebut awalnya adalah tanah adat yang di wakafkan secara lisan oleh salah satu tokoh masyarakat (alm) H. Tajudin secara lisan kepada warga, agar jalan tersebut dapat digunakan untuk berziarah.

“Dengan diperbaiki jalan tersebut, warga merasakan manfaatnya,” kata Nana.

Hal senada yang diungkapkan oleh Maesyaroh dan Slamet warga Kampung Lengsir ini, mereka sangat senang dan berterimakasih kepada pengusaha swasta tersebut yang telah berpartisipasi memberikan kontribusi yang positif untuk lingkungan.

“Kami mewakili warga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Desa, RT dan RW yang telah memfasilitasi dan menyampaikan kepada pengusaha swasta tersebut apa yang menjadi keinginan warga yaitu perbaikan jalan untuk memudahkan warga berziarah, dan Alhamdulillah jalan ini sekarang sudah bagus, nyaman dan tidak ada kekhawatiran lagi saat melintasi jalan ini. Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih.” ujar mereka.

Perlu diketahui, sebelumnya ruas jalan menuju pemakaman Kedondong Kampung Lengsir tersebut kondisinya sudah tidak layak. Selain rusak posisi jalan tersebut jauh lebih tinggi dari pemukiman penduduk sehingga warga setempat merasa khawatir saat melintas atau berziarah ke pemakaman.

Prihatin dengan kondisi ini, Robin, pengusaha muda tersebut dengan mengeluarkan dana pribadi untuk membantu perbaikan jalan agar dapat digunakan secepatnya oleh warga setempat. (Wati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *