Daerah

Tujuan Utama Kirab Pemilu 2024 Sosialisasi kepada Publik Tentang Proses dan Tahanan Pemilu di Kabupaten Lumajang 

6
×

Tujuan Utama Kirab Pemilu 2024 Sosialisasi kepada Publik Tentang Proses dan Tahanan Pemilu di Kabupaten Lumajang 

Sebarkan artikel ini
Tujuan Utama Kirab Pemilu 2024 Sosialisasi kepada Publik Tentang Proses dan Tahanan Pemilu di Kabupaten Lumajang 

 

 

 

 

Lumajang,kabarnusa24.com.Selasa,3/9/2024.Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang melanjutkan Kirab Pemilu 2024 setelah serah terima dari KPU Kabupaten Batu Malang.

 

Kirab Pemilu ditandai dengan arak-arakan bendera partai politik (parpol) seluruh peserta Pemilu 2024. Ada 18 bendera yang dikirab keliling Indonesia bertajuk “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa”

 

Di Kabupaten Lumajang dilaksanakan dari start plaza sampai dengan Pendopo alun-alun Lumajang (finish), dengan diiringi kesenian, drumbend,drama kolosal,kesenian panen raya dan lain-lainnya.

 

Ketua KPU kabupaten Lumajang Henariza menjelaskan Kirab Pemilu 2024 adalah agenda nasional dan ada tujuh jalur kirab.

 

“Yang dikirab adalah bendera partai politik sejumlah 18. Tujuan utamanya adalah mensosialisasikan kepada publik tentang proses dan tahapan pemilu,” jelas Henariza

 

Selain itu, kata Henariza, ingin menunjukkan bahwa KPU siap melaksanakan Pemilu 2024 dengan cara menyuguhkan kepada publik bahwa penyelenggara kita siap, peserta pemilunya siap dan seluruh elemen yang akan terlibat di dalam pelaksanaan Pemilu juga siap.

 

“Acara ini di kemas sebagai deklarasi Pilkada 2024 , agar masyarakat berpartisipasi untuk memilih calon bupati dan wakil bupati,”ungkap nya.

 

Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Lumajang berlangsung tertib dan lancar dengan pengawalan ketat oleh petugas dari Polres.

 

Adapun urutan barisan Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Lumajang yaitu Mobil Humas KPU , Mobil Patwal, Pembawa Spanduk Kirab.

 

Kemudian, Parpol Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demikrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Buruh, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatua Pembangunan (PPP), Partai Ummat.

 

Sementara itu, Mulyanto salah seorang warga dari Lumajang yang menonton mengatakan Kirab Pemilu 2024, selain sebagai sarana sosialisasi, juga untuk menghibur masyarakat.

 

“Harapannya, bagi yang sudah punyak hal pilih, bisa ikut datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024. Jangan golput,” kata dia. (D.S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *