BeritaNasionalPendidikan

BRIN Ungkap Siswa Madrasah Mendominasi Kompetisi dan Budaya Riset di Indonesia

17
×

BRIN Ungkap Siswa Madrasah Mendominasi Kompetisi dan Budaya Riset di Indonesia

Sebarkan artikel ini
BRIN Ungkap Siswa Madrasah Mendominasi Kompetisi dan Budaya Riset di Indonesia
Kepala Pusat Teknologi Pertambangan BRIN, Anggoro Tri Mursito

TERNATE, Kabarnusa24.com – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan bahwa siswa madrasah kini mendominasi kompetisi riset di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Teknologi Pertambangan BRIN, Anggoro Tri Mursito, usai acara Talk Show Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional dan Madrasah Young Researchers (MYRES) 2024, Kamis (5/9/2024).

Menurut Anggoro, siswa madrasah secara konsisten unggul dalam berbagai kompetisi riset di luar MYRES, baik yang diselenggarakan oleh lembaga swasta, NGO, perguruan tinggi, maupun kementerian. “Dari pengalaman saya sebagai juri di berbagai ajang riset, saya melihat antusiasme siswa madrasah sangat tinggi. Sejak 2012 hingga saat ini, mereka menguasai hampir semua kompetisi riset di Indonesia,” ungkap Anggoro di Asrama Haji Ternate.

MYRES, yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI sejak 2018, telah memasuki edisi ketujuh tahun ini. Anggoro mencatat perkembangan signifikan dari ajang ini. “Total sudah ada 80 ribu calon peneliti muda dari madrasah. Sejak 2018, MYRES terus diadakan tanpa jeda, bahkan selama COVID-19. Dari 40 ribu proposal yang diterima, dengan rata-rata dua orang per proposal, kita sudah memiliki 80 ribu calon peneliti muda,” jelasnya.

Dalam MYRES dari 2018 hingga 2024, mayoritas riset fokus pada Ilmu Sosial dan Humaniora, dibandingkan dengan bidang Matematika, Sains, dan Pengembangan Teknologi. “Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora selalu mendominasi jumlah proposal. Sementara itu, Bidang Matematika, Sains, dan Pengembangan Teknologi, serta Bidang Keagamaan, masih memerlukan dorongan lebih. Ini menjadi tantangan bagi para pembina riset untuk meningkatkan proposal di Bidang Keagamaan,” tambah Anggoro.

Acara Talk Show yang merupakan bagian dari KSM Nasional dan MYRES 2024 ini dihadiri oleh ratusan pembimbing dan pendamping peserta dari berbagai provinsi, menandakan komitmen dan dukungan yang kuat terhadap pengembangan riset di kalangan siswa madrasah.

Sumber: Kemenag RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *