Daerah

SDN Citrodewangsan 1 Raih Sekar Sari, di Kabupaten Lumajang

28
×

SDN Citrodewangsan 1 Raih Sekar Sari, di Kabupaten Lumajang

Sebarkan artikel ini
SDN Citrodewangsan 1 Raih Sekar Sari, di Kabupaten Lumajang

Lumajang, kabarnusa24.com – Minggu,15/9/2024 || Program Sekolah Berkarakter Sehat Aman Rapi Inovatif (Sekarsari) adalah program dinas pendidikan yang dilombakan, dan di ikuti oleh semua sekolah, mulai dari TK, SD dan SMP.

Dalam Lomba Sekarsari tersebut,SDN Citrodewangsan 1 keluar sebagai pemenang.

Menurut Drs Ida Husnia, ketika dikonfirma di ruang kerjanya, Sabtu,14/9/2024 mengungkapkan, untuk menciptakan Sekolah Berkarakter Sehat Aman Rapi Inovatif (Sekarsari) itu harus melibatkan seluruh stakeholder.

“Ya, mulai dari kepala sekolah harus mempunyai komitmen yang tinggi, kemudian guru -guru dan para staf juga punya komitmen kebersamaan,”ungkap Ida.

Selain itu, lanjut Ida para pelaksana harus merawat Bunga dan menyiram tanaman yang lain secara bergilir. “Anak anak juga demikian, di setiap sudut sudut sekolah itu ada bunga dan tanaman, harus di rawat dengan penuh kasih seperti merawat diri sendiri,menjaga kebersihan lingkungan dari sampah”, ungkap Ida.

Dikatakannya, sekolah harus menciptakan rasa aman, dan sekolah harus ramah. “Ramah itu bukan berarti kita manut kepada anak, melainkan anak itu merasa tenang. Meraka duduk dimanapun merasa terlindungi, tidak merasa terusik, dalam arti damai. Harapan dinas pendidikan seperti itu,”ungkap Ida

Oleh karena itu, kerja ini menjadi kerja satu tim. SDN Citrodewangsan 1 memiliki sekarsari, yang kuat juga ada UKS . oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Dinkes, puskesmas.Anak merasa aman kita jaga disaat istirahat,jangan sampai anak bermain yang membahayakan diri sendiri dan orang lain,”ungkap Ida

“Kalau mau menciptakan rasa aman, harus kerja sama dengan lingkungan masyarakat, dan dengan para guru”,

“Koperasi, makanan di sini harus sehat, kalau mengandung pengawet dan pewarna ya ditolak”, katanya.
SDN Citrodewangsan 1 menerapkan kedisiplinan yang tinggi agar anak menjadi anak yang sukses,pelajar mandiri, punya didikasi, inovatif dan berkarakter Pancasila,”ungkap Ida.

“Jadi, saya meminta kepada semua orang tua, agar membiasakan anak hidup disiplin. Semua harus kompak, gurunya harus kompak, orang tuanya juga harus kompak”, pintanya.

Dikatakannya, untuk membina anak itu, menjadi tanggungjawab orang tua dirumah, dan menjadi tanggungjawab masyarakat ketika berada di lingkungan masyarakat. Kalau disekolah, maka menjadi tanggungjawab sekolah. “Ini trilogi pendidikan”, jelasnya.

SDN Citrodewangsan 1 mempunyai banyak kegiatan yang sesuai dengan karakter anak-anak,berbudi luhur,senang tiasa bertoleransi terhadap sesama teman,”ungkap Ida.

SDN Citrodewangsan 1 membangun anak berkarakter dengan diadakan kegiatan exstra diantaranya pencak silat, taekwondo,tari,kosidah dan banyak lagi ,membuat siswa-siswi menjadi betah,nyaman berada di lingkungan sekolah,”ungkap Ida. (D.S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *