Pendidikan

Rakor MKKS Bahas Sekolah Menyenangkan

26
×

Rakor MKKS Bahas Sekolah Menyenangkan

Sebarkan artikel ini
Rakor MKKS Bahas Sekolah Menyenangkan

Bondowoso, – kabarnusa24.com.

RAKOR MKKS Kamis hari ini (26/9/2024) ada yang berbeda. Karena salah satu pembahasannya tentang Gerakan sekolah menyenangkan. Diawali oleh Elok KS SMPN 3 Bondowoso yang menyampaikan tentang lahirnya GSM dan Ruang Ketiga.

Elok menyampaikan bahwa pada 28 dan 29 Oktober, Rizal dan Novi akan hadir ke Bondowoso untuk membersamai para guru dalam membangun budaya baru di sekolah dengan GSM. Sedangkan Novi akan menyampaikan tentang Parenting.

Elok juga sempat menyampaikan tentang SEL (Sosial Emosional Learning) seperti bagaimana perasaan Bapak/ibu hari ini? walaupun masih belum tuntas karena waktu yang membatasi. Pembahasan berlanjut kepada narasi yang disampaikan oleh Saleh KS SMPN 2 Tapen yang merasakan keresahan hatinya tentang budaya di sekolah sampai akhirnya ia bergabung di GSM karena ingin mendapatkan jawaban dan energi positif untuk lebih bersemangat lagi dalam menciptakan suasana sekolah yang menyenangkan.

Dilanjutkan pula oleh Diah KS SMPN 1 SATAP Pujer yang mengulas beberapa isi dari buku dibalik lahirnya GSM, diantara isi buku tersebut yang terserap ke hatinya adalah tentang ketiga putri Rizal yang senang berada di sekolah, sehingga Rizal ingin bukan hanya anak-anak beliau yang merasakan kebahagiaan tersebut, beliau ingin semua anak Indonesia juga gembira saat berada di sekolah, karena sekolahnya menyenangkan.

Narasi berikutnya disampaikan oleh Slamet KS SMPN 2 Pakem yang berbagi praktek baik tentang perjuangannya dalam mengajak anak-anak di desa-desa terpencil untuk bersekolah di SMPN 2 Pakem dengan sistim Layanan Belajar Eksklusif.

Diskusi berlangsung dengan hangat saat Samsul KS SMPN 2 Tamanan memiliki pemikiran yang mendalam terkait beberapa fenomena kondisi sekolah-sekolah di bawah naungan dinas pendidikan sampai kepada analisanya terkait dengan keresahan dari beberapa hal yang disampaikan oleh H. Sarbini KS SMPN 7 Bondowoso sekaligus ketua MKKS SMP, keresahan yang disampaikan oleh Elok KS SMPN 3 Bondowoso terkait dengan program-program di sekolah yang tidak dilanjutkan oleh KS selanjutnya, dan budaya di sekolah yang disampaikan oleh Saleh KS SMPN 2 Tapen , keresahan itu dianalisa secara tuntas oleh Samsul, yang ternyata pemikiran Samsul ini sangat sesuai dengan pemikiran Founder GSM Pak Rizal.

Sebagai bagian dari komunitas GSM Sibon Elok berharap, Samsul bisa berdiskusi langsung dengan Pak Rizal saat hadir di Kota Tape Bondowoso, agar yang menjadi keresahan-keresahan kepala sekolah ini, ada semacam pencerahan dan energi yang positif dikalangan para pemimpin satuan pendidikan yang tergabung dalam forum MKKS tersebut.

Suasana semakin bersahabat saat Dewi KS SMPN SATAP TAMANAN memimpin ice breaking BUAT GSM DI HATI yang disambut dengan tepukan yang hangat oleh seluruh KS SMP yang hadir.(eko/AR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *