DaerahLingkunganNasionalOpini

Pemko Medan Pastikan Pengerjaan Saluran Drainase Jl.Sunggal Medan Rampung Fungsinya di Tahun 2024 Dengan Optimis

15
×

Pemko Medan Pastikan Pengerjaan Saluran Drainase Jl.Sunggal Medan Rampung Fungsinya di Tahun 2024 Dengan Optimis

Sebarkan artikel ini
Pemko Medan Pastikan Pengerjaan Saluran Drainase Jl.Sunggal Medan Rampung Fungsinya di Tahun 2024 Dengan Optimis
Doc: Kabid Drainese Dinas P.U Kota Medan Gibson Panjaitan, saat tinjau dan kontrol rutin dilokasi areal proyek pembangunan saluran drainase Jalan Sunggal Medan, Selasa, (6/6/2023),Kabarnusa.24.com

MEDAN, KABARNUSA24.COM- Saat ini pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) saat tengah melakukan pembangunan saluran Drainase guna memastikan insfratruktur pembangunan perubahan menuju perbaikan yang signifikan terimplementasi sesuai kebutuhan san manfaat dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Medan sehingga dengan adanya project Drainese salah satu program orang nomor 1 di Kota Medan, Bobby Nasution dapat berfungsi dengan baik hingga bebas dari banjir, dengan dibangunanya drainase jelas bersama diketahui manfaat pembangunan ini besar perannya dalam menangani banjir besar yang di akibatkan oleh intensitas curah hujan tinggi hingga dengan adanya pembangunan ini harapan masyarakat Kota Medan sangat bermanfaat secara baik.

 

Pembangunan tersebut salah satu wujud program Walikota Medan Bobby Nasution, dan  proyek pembangunan Sub Drainase (Subdrain) di kawasan Medan Sunggal selesai di tahun ini juga.

Pemko Medan Pastikan Pengerjaan Saluran Drainase Jl.Sunggal Medan Rampung Fungsinya di Tahun 2024 Dengan Optimis
Kepala Dinas SDABMBK Kota Medan, Topan O.P Ginting, mengatakan pihaknya optimis dapat selesai pada tahun 2024 ini juga, sebagaimana implementasinya tersesuai hingga dikerjakan oleh kontraktor yang telah dipercaya secara SOP memenuhi syarat, fungsional project pembangunan saluran drainese yang berada di jalan sunggal tersebut, pihaknya optimis secara pengguna’an manfaat pembangunan tersebut berfungsi dengan baik sesuai SOP dapat dipastikan rampung  secepatnya pada tahun 2024 ini juga.

 

“Kita optimis (proyek Subdrain Sunggal) selesai tahun ini. Untuk rincinya nanti bisa ditanyakan langsung ke kabidnya (kabid drainase)” ucap Topan, Senin (29/4/2024), minggu yang lalu (dilansir dari sumut pos).

 

Terpisah, Kabid Drainase Dinas SDABMBK Kota Medan, Gibson Panjaitan menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan proses persiapan untuk penandatanganan kontrak lanjutan pembangunan proyek tersebut. “Mudah-mudahan dalam minggu ini sudah teken kontrak lanjutan pengerjaannya,” ujar Gibson.

Saat awak media Nusakabar24.com mencoba melakukan wawancara bersama Bapak Gibson Panjaitan selaku Kabid Drainese Dinas P.U Kota Medan saat berada di lokasi pembangunan saluran Drainese jalan Sunggal Medan.
Saat awak media Nusakabar24.com mencoba melakukan wawancara bersama Bapak Gibson Panjaitan selaku Kabid Drainese Dinas P.U Kota Medan saat berada di lokasi pembangunan saluran Drainese jalan Sunggal Medan. Selasa(04/6/24). 

Dengan ditandatanganinya kontrak lanjutan pengerjaan proyek tersebut dalam pekan ini, sambung Gibson, maka lanjutan pembangunan fisik Subdrain Sunggal ditargetkan dapat dimulai pada pcekan depan. “Artinya, minggu depan sudah bisa mulai dilanjutkan pekerjaan fisiknya,” katanya.

Pemko Medan Pastikan Pengerjaan Saluran Drainase Jl.Sunggal Medan Rampung Fungsinya di Tahun 2024 Dengan Optimis

Senada dengan Kadis SDABMBK Kota Medan Topan Ginting, Gibson juga meyakini proyek pengerjaan Subdrain tersebut dapat selesai di tahun ini. “Benar apa yang dikatakan Pak Kadis (Topan Ginting), kita optimis proyek Subdrain (Sunggal) itu selesai tahun ini. Akan kita awasi terus agar pengerjaannya bisa maksimal dan selesai tepat waktu, yaitu selesai di tahun ini juga,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas SDABMBK Kota Medan tengah berfokus mengerjakan sejumlah proyek pembangunan berskala besar di Kota Medan agar dapat selesai dan tuntas di tahun 2024 ini. Proyek-proyek tersebut merupakan pembangunan fisik yang dianggarkan melalui APBD tahun jamak atau multiyears. Proyek pembangunan Subdrain Sunggal termasuk diantaranya.

Berdasarkan unggahan di Instagram resmi Dinas SDABMBK, pembangunan drainase tersebut menggunakan box culvert berukuran 2×2 meter. Rencananya, pemasangan box culvert akan dilakukan sepanjang 1,5 kilometer yang pengerjaannya dilanjutkan pada tahun ini.

Pemasangan box culvert merupakan salah satu upaya Pemko Medan untuk mengatasi masalah banjir di Kota Medan, yakni dengan mengalirkan air ke Sungai Baderah menuju Sungai Belawan. Diyakini, subdrain tersebut dapat mengatasi masalah banjir di seputaran kawasan Jalan Sunggal serta mengurai Sungai Bederah menuju ke pembuangan Sungai Belawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *