Daerah

HUT Pencak Organisasi ke-97 ,di Kabupaten Lumajang 

11
×

HUT Pencak Organisasi ke-97 ,di Kabupaten Lumajang 

Sebarkan artikel ini
HUT Pencak Organisasi ke-97 ,di Kabupaten Lumajang 

 

 

 

Lumajang,kabarnusa24.com.Selasa,27/8/2024.Hari Jadi PO yang ke 97 di hadiri dari berbagai Propensi SE -Indonesia . Yang di laksanakan di GOR WIRA BAKTI.

 

Sekretaris jenderal PO seluruh Indonesia H.Bukhasan,SPd.M.M.mengungkapkan bahwa “Even yang ke-3 ini atau kejurnas yang ke 3 ini,pada saat ini paling banyak pesertanya,yang ikut juga banyak,ada sekitar 8 ratusan atlet dari seluruh Indonesia yang sudah datang ke Lumajang, meliputi Sumatra,Sulawesi,Bali, Kalimantan .”Saya yakin bahwa perkembangan yang luar biasa di pencak organisasi (PO) yang dari tahun ke tahun ternyata bertambah banyak yang hadir,kemudian juga cabangnya ,ranting sekaligus semakin banyak orang percaya,”jelas Bukhasan

 

PO merupakan wadah untuk untuk mengasah diri , juga mengasah organisasi,” ungkap Bukhasan

 

“Terimakasih juga saya ucapkan kepada seluruh cabang , ranting yang ada di Indonesia, karena bisa mengirim wakilnya untuk datang ke jurnas ke -3 di kabupaten Lumajang,”jelasnya.

 

Tujuannya yaitu kita kepingin acara ulang tahun berdirinya PO tanggal 27 Agustus 2024 ini bisa kita agendakan seiringan dengan kegiatan kejurnas, sehingga momennya itu mulai di awali tadi malam ada ba’at,hari ini tumpengan ,makan bersama,dengan seluruh atlit dan seluruh warga PO, setelah ini ziarah ke makam Imam Sujai pendiri PO yang ada di kabupaten Lumajang.

 

Besok kita mulai serimonial jurnas,sekaligus lebih meriah lagi karena di hadiri PJ Bupati.

 

Untuk kejuaraan PON yang ikut mas Igi,mewakili PO,kemudian kalau kejurnas ini bagian dari proses untuk mencetak atlit supaya nanti bisa seperti mas Igi.Harapan saya kalau bisa kita mendapatkan mendali emas,”ungkap Bukhasan

 

 

Kita kedatangan tamu yang dulu pernah mengikuti kejuaraan PO tingkat dunia sekaligus pernah menjuarai tingkat SE GAMES ,beliau kita hadirkan untuk memacu semangat dan memotivasi adik-adik yang ada di sini,sekaligus menjadi atlit seperti mas Igi yang mewakili PON tingkat Jawa Timur, ungkap Bukhasan

 

Selanjutnya Ketua umum IPSI dan Ketua PO se- Kabupaten Lumajang Eka Tri Oktavia,SPd Mengungkapkan “Ini merupakan agenda tahunan bagi ketua IPSI sekaligus PO. IPSI merupakan wadah organisasi yang berperan aktif dalam meningkatkan prestasi pencak silat, seperti hal nya melahirkan atlet-atlet silat berprestasi yang berkelanjutan dan berkembang.

 

Eka juga menambahkan IPSI juga memiliki tujuan mempersatukan, membina persaudaraan kesetiakawanan antar perguruan dalam meningkatkan peran serta pencak silat untuk membangun wilayah.

 

“Misi IPSI adalah meningkatkan prestasi serta pelestarian, dan itu sudah saling terkait,” jelas Eka

 

Dirinya juga meminta, agar masing-masing perguruan silat bisa lebih inovatif dalam meningkatkan prestasi di Kabupaten Lumajang.

 

Selain itu, yang tak kalah penting, masing-masing perguruan juga harus menjaga marwah dan kehormatan pencak silat dengan mengedepankan rasa persaudaraan.

 

“Perguruan pencak silat harus menjaga marwah dan kehormatan pencak silat, jangan menjadi bagian dari masalah, tapi menjadi bagian dari solusi,” terangnya.

 

Harapan Eka “PO asli lahir dari kabupaten Lumajang,kalau bisa memberi contoh yang lebih baik Seni bela diri itu membawa perdamaian untuk semuanya ,buat nyaman seluruh warga masyarakat,bukan sebagai bahan untuk kelompok – kelompok tertentu, untuk saling menakuti dan lain sebagainya,”ungkap Eka.

 

Harapan saya bukan hanya PO,harus ada ,kita harus menjadi tuan rumah untuk pencak silat atau perguruan pencak silat lainnya,”ungkap Eka.(D.S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *