Daerah

Beda Pilihan Bukan Berarti Ricuh Deklarasi Damai Pilkada 2024 Bersama Polres Tanah Karo

3
×

Beda Pilihan Bukan Berarti Ricuh Deklarasi Damai Pilkada 2024 Bersama Polres Tanah Karo

Sebarkan artikel ini
Beda Pilihan Bukan Berarti Ricuh Deklarasi Damai Pilkada 2024 Bersama Polres Tanah Karo

Karo.Kabarnusa24.Com

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karo, Kapolres Tanah Karo AKBP Eko Yulianto, S.H, S.I.K, M.M, M.Tr.Opsla mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi mewujudkan Pilkada yang aman dan damai.

Ajakan tersebut disampaikan dalam acara Deklarasi Damai Pilkada 2024 Kab. Karo, yang diselenggarka Polres Tanah Karo, yang mengusung tema “Beda Pilihan Bukan Berarti Ricuh”, di lapangan Samura Kabanjahe Kab. Karo, Selasa(24/9/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Kajari Karo Darwis Burhansyah, S.H, M.A, serta perwakilan Forkopimda lainnya. Selain itu, unsur KPUD Karo, Ketua KPUD Rendra Gaule Ginting, Bawaslu Karo, ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, para ketua partai politik, simpatisan, serta tokoh masyarakat, agama, dan pemuda turut hadir.

Dalam sambutannya, Kapolres Tanah Karo mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara pemilu, pasangan calon, dan masyarakat yang telah berperan aktif menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif hingga saat ini. Ia mengajak semua pihak untuk terus menjaga suasana demokratis dengan semangat persatuan dan kesatuan.

Beda Pilihan Bukan Berarti Ricuh Deklarasi Damai Pilkada 2024 Bersama Polres Tanah Karo
Deklarasi Damai Pilkada 2024 Kab. Karo, yang diselenggarka Polres Tanah Karo, yang mengusung tema “Beda Pilihan Bukan Berarti Ricuh”, di lapangan Samura Kabanjahe Kab. Karo, Selasa(24/9/2024).

“Melalui sinergi antara TNI, Polri, pemerintah daerah, penyelenggara, pengawas pemilu, para pasangan calon, partai pendukung dan simpatisan, mari kita bersama sama mewujudkan Pilkada yang aman dan damai. Perbedaan pilihan adalah hal yang wajar, namun jangan sampai memicu kerusuhan. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan di Kabupaten Karo,” ujar AKBP Eko Yulianto.

Kapolres juga mengingatkan masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang dapat memecah belah kerukunan yang sudah terjalin di Kabupaten Karo. Ia menekankan pentingnya menjaga nilai nilai adat Karo sebagai fondasi dalam menghadapi Pilkada.

“Terlebih kita memiliki adat budaya Karo yang kuat, seperti mergasilima, tutur siwalu, rakut sitelu, dan perkade kadean sepuluh dua tambah sada. Ini adalah landasan bagi kita untuk menjaga harmonisasi dalam proses Pilkada. Mari kita semua berpartisipasi aktif untuk memastikan Pilkada berjalan dengan damai,” tambah Kapolres.

Ketua KPUD Karo, Rendra Gaule Ginting, juga menyampaikan apresiasi kepada Kapolres Tanah Karo atas terselenggaranya Deklarasi Damai ini. Menurutnya, kolaborasi antar lembaga sangat penting untuk mewujudkan Pilkada yang aman dan kondusif.

“Kolaborasi yang telah terjalin ini merupakan bentuk nyata komitmen kita bersama untuk menyukseskan Pilkada yang damai. Kami berharap semua pihak dapat menjaga persatuan dan kesatuan selama seluruh tahapan Pilkada,” ujar Rendra Gaule.

Acara Deklarasi Damai ini diakhiri dengan pembacaan ikrar oleh ketiga pasangan calon dan penandatanganan deklarasi damai sebagai komitmen bersama dalam menciptakan Pilkada yang aman, damai, dan demokratis di Kabupaten Karo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *