BeritaDaerahReligi

Membangun Cinta Al-Qur’an Melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadist di Kota Cimahi

0
×

Membangun Cinta Al-Qur’an Melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadist di Kota Cimahi

Sebarkan artikel ini
Membangun Cinta Al-Qur'an Melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadist di Kota Cimahi

Kabarnusa24.com

CIMAHI, DISKOMINFO — Upaya untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an dapat ditempuh melalui berbagai cara, salah satunya dengan membaca dan memahami isi kitab suci umat Islam. Melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadist (MTQH) Tingkat Kota Cimahi Tahun 2024, Pemerintah Daerah Kota Cimahi berkomitmen untuk meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an Nur Karim pada Sabtu (21/09).

Membangun Cinta Al-Qur'an Melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadist di Kota Cimahi

MTQH ke IX diadakan di Masjid Agung Kota Cimahi dan diikuti sekitar 130 peserta dari Kecamatan Cimahi Utara, Cimahi Tengah, dan Cimahi Selatan. Penjabat Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Budi Raharja, menegaskan bahwa MTQH bukan sekadar lomba, melainkan upaya konkrit umat Islam untuk menggali dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an. Selain itu, acara ini juga berfungsi sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah Islamiyyah serta memacu pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup di tengah arus perubahan sosial dan budaya yang cepat.

“MTQ bukan hanya sekadar lomba, tetapi tentang bagaimana kita memahami dan mengimplementasikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Kami berharap para Qori dan Qoriah mampu menampilkan akhlak yang Qurani dan menjadi teladan bagi umat Muslim di Kota Cimahi,” ujarnya. MTQH diharapkan menjadi momentum untuk merenung dan introspeksi, mewujudkan masyarakat bertaqwa dan berakhlak mulia yang mendukung pembangunan daerah secara keseluruhan.

Budi juga berharap penilaian dilakukan secara objektif dan profesional. Orientasi Dewan Hakim dilaksanakan setelah acara pembukaan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan dalam penjurian, serta menyamakan persepsi guna menghindari pertimbangan relasi pribadi. “Kami ingin penilaian mengedepankan sportivitas, bukan sekadar mengejar kejuaraan, melainkan bagaimana dakwah dan syiar agama Islam dapat tersampaikan,” tandasnya.

Membangun Cinta Al-Qur'an Melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadist di Kota Cimahi

Peserta yang menjadi juara diharapkan dapat mewakili Kota Cimahi dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadist Tingkat Provinsi Jawa Barat, bahkan ke tingkat Nasional. Cabang dan golongan yang dilombakan pada MTQH Tingkat Kota Cimahi Tahun 2024 meliputi:

1. Cabang Tilawah Al Qur’an (putra/putri)
2. Cabang Tahfidz (putra/putri)
3. Cabang Qira’at Al Qur’an (putra/putri)
4. Cabang Musabaqah Hadist (putra/putri)

(Fazardo)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *