Berita

Puluhan Sertifikat di berikan Mentri AHY di Desa Ngadisari Probolinggo 

7
×

Puluhan Sertifikat di berikan Mentri AHY di Desa Ngadisari Probolinggo 

Sebarkan artikel ini
Puluhan Sertifikat di berikan Mentri AHY di Desa Ngadisari Probolinggo 

 

 

 

Probolinggo,kabarnusa24.com.Jumat,27/9/2024Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus menyerahkan puluhan Sertifikat tanah elektronik hasil program pendaftaran tanahsistemnatis lengkap secara dor to door.Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan 90 persen tanah di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, sudah memiliki sertifikat hak milik (SHM).

“Untuk Desa Ngadisari ini sudah 90 persen masyarakat memiliki sertifikat hak miliknya,” kata AHY, saat kunjungan kerja, di Desa Ngadisari, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis,26/9/2024.

 

Capaian itu diperoleh usai Menteri AHY menyerahkan 30 sertifikat tanah elektronik kepada warga setempat.

 

Tanah yang disertifikatkan merupakan kebun tanaman palawija yang tumbuh subur di kaki Gunung Bromo.

 

“Probolinggo ini, khususnya kawasan Bromo, merupakan kawasan pariwisata yang harus menjadi unggulan. Jadi, kami harap desa ini makin baik dari sisi pariwisata dan ekonomi kreatif, seperti untuk homestay maupun wisata jeep, kuda off-road, dan UMKM,” ujar AHY.

 

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Probolinggo Wida Rihardyan Adjie memastikan tanah adat di Desa Ngadisari yang disertifikasi telah melalui proses yang disepakati secara lokal, dengan peralihannya harus mendapatkan rekomendasi kepala desa setempat. Dengan begitu, kepemilikan tanah warga akan tetap terjaga dan terlindungi dari penyelewengan investor.

 

“Jadi, tidak serta-merta investor lokal membeli tanah, lalu anak-cucu pemilik tidak mendapatkan manfaat atau merasakan manfaatnya hanya sebentar,” ujar Wida.

 

Kementerian ATR/BPN tengah memasifkan implementasi sertifikat tanah elektronik di penjuru Indonesia dalam rangka digitalisasi data dan menertibkan administrasi pertanahan. Hingga saat ini, terdapat 1.112.879 sertifikat tanah elektronik yang sudah diterbitkan oleh 465 kantor pertanahan se-Indonesia.

 

Penyerahan sertifikat tanah elektronik secara door to door yang dilakukan oleh Menteri AHY bertujuan memastikan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) berjalan dengan baik dan masyarakat mendapatkan kepastian hukum hak atas tanahnya.

Baca juga: Warga eks Timor Timur berterima kasih atas pembagian sertifikat tanah

Baca juga: ATR/ BPN terbitkan 24 sertifikat Tanah Ulayat cakup 850.000 hektar

 

Kepala ATR /BPN Kanta Muslim, S.SiT.M.M menjelaskan

” Saya pikir di kota Lumajang , Alhamdulillah sudah tuntas semua PTSLnya,maka dari itu saya akan melanjutkan apa yang di dengungkan oleh pak Rocky dan merengkuh semua kalangan agar PTSL berjalan lancar,”ungkap Muslim

Muslim juga menambahkan bahwa “Lumajang juga bisa seperti Bromo karena Lumajang merupakan kota yang eksotis, sangat sejuk dan asri, karena saya masih baru,. belum tahu betul kota ini kapan -kapan saya akan melihat pemandangan dan obyek wisata,” ungkap Muslim.(D S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *