BeritaReligi

Kunjungi MUI, Komunitas Muslim IMAAM Bentuk Kerjasama Perkuat Khazanah Islam Indonesia-Amerika

2
×

Kunjungi MUI, Komunitas Muslim IMAAM Bentuk Kerjasama Perkuat Khazanah Islam Indonesia-Amerika

Sebarkan artikel ini
Kunjungi MUI, Komunitas Muslim IMAAM Bentuk Kerjasama Perkuat Khazanah Islam Indonesia-Amerika

JAKARTA, Kabarnusa24.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerima kunjungan President Indonesian Muslim Association in America (IMAAM) Arif Mustofa pada Jumat (27/09/2024). Kunjungan tersebut berlangsung di gedung MUI Pusat, Jakarta.

IMAAM merupakan komunitas yang berdedikasi untuk melayani masyarakat Muslim Indonesia di Amerika Serikat dengan membina hubungan yang erat dengan Tuhan, membangun ekonomi Muslim yang sejahtera, dan menumbuhkan landasan etika dan persatuan yang kuat.

Dalam kunjungannya ke MUI, IMAAM berharap adanya kerjasama yang terjalin antara IMAAM dengan MUI.

“Keberadaan kami, kami ingin sekali melakukan kerjasama antara organisasi IMAAM dengan MUI sebagai badan yang menaungi sekitar 60 organisasi keislaman di Indonesia,” kata Arif Mustofa dalam jumpa pers MUIDigital.

Dalam kunjungannya itu, Arif menyebut pentingnya kerja sama tersebut sebagai bentuk upaya memperkaya khazanah keislaman muslim Amerika dengan nuansa kebudayaan muslim Indonesia.

Menurutnya, ada banyak sekali program yang bisa disinergikan antara IMAAM dan MUI dalam gerakan Islam ke depan.

“Kami melihat MUI ini sebagai suatu badan yang sudah establish, yang sudah siap perangkatnya, jadi insyaallah ke depannya bagi kami ada beberapa program yang kita bisa saling kerja sama,” ucapnya.

Tidak hanya itu, dia juga membaca tantangan dakwah IMAAM yang semakin berat ke depan. Ia berharap pihaknya bersama MUI bisa membentuk aliansi strategis untuk membantu muslim di bagian Amerika.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komis Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional MUI Bunyan Saptomo menyampaikan terdapat sejumlah komponen kerja sama yang sudah dirumuskan.

Kerja sama tersebut, di antaranya di bidang dakwah berupa pengiriman qori sebagai Imam masjid selama Ramadhan, di bidang pendidikan berupa beasiswa belajar pesantren di Indonesia, kerja sama bidang fatwa, dan kerja sama bisnis berupa busana muslim (dari RI), dan dairy product (dari AS).

“Tadi telah kita bicarakan beberapa komponen kerja sama, khususnya di bidang dakwah, dan kemungkinan bisnis yang dari UMKM, khususnya nanti di bidang yang menjadi perhatian umat Islam,” kata Bunyan Saptomo

Sumber: MUI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *