BeritaDaerahKetahanan Pangan

Pemkab Bekasi Apresiasi Korem 051/Wkt Kembangkan Urban Farming Bawang Merah di Sukatani

5
×

Pemkab Bekasi Apresiasi Korem 051/Wkt Kembangkan Urban Farming Bawang Merah di Sukatani

Sebarkan artikel ini
Pemkab Bekasi Apresiasi Korem 051/Wkt Kembangkan Urban Farming Bawang Merah di Sukatani
Pj. Bupati Bekasi Dedy Supriyadi meninjau lahan dan hasil panen bawang merah di Kawasan Urban Farming Korem 051/Wijayakarta, yang berlokasi di area persawahan Kampung Pulo Turi, Desa Banjarsari, Kecamatan Sukatani, pada Senin, (01/10/2024).

BEKASI, Kabarnusa24.com – Pj Bupati Bekasi Dedy Supriyadi mengunjungi lahan urban farming budidaya bawang merah yang dikelola oleh Korem 051/Wijayakarta, di area pesawahan Kampung Pulo Turi, Desa Banjarsari, Kecamatan Sukatani, pada Selasa (1/10/2024).

Dedy Supriyadi mengatakan, Pemkab Bekasi mengapresiasi Korem 051/Wijayakarta yang telah berkontribusi menjaga ketahanan pangan dan inflasi daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Bekasi dengan mengembangkan urban farming.

“Hasil produksi bawang merah di lokasi ini sangat bagus dan bisa membantu menjaga pasokan bawang merah bagi masyarakat Kabupaten Bekasi. Lahannya juga cocok dan bibitnya didatangkan dari Brebes,” ujarnya.

Dedy Supriyadi menjelaskan, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian akan ikut mendukung budidaya bawang merah di lokasi tersebut dengan bantuan bibit dan pupuk agar bisa berkelanjutan. Untuk ketersediaan air, di lokasi tersebut juga tengah dibangun embung seluas 4 hektar.

“Luas area ini sekitar 182 hektar nantinya akan menjadi percontohan, kita akan dukung budidaya bawang merah ini agar berkelanjutan dan bisa diperluas, dan para petani kita juga bisa belajar dan mengadopsi ilmu dari petani Brebes,” ujarnya.

Pj Bupati Bekasi juga menyampaikan terimakasih kepada Korem 051/Wijayakarta yang telah membantu melakukan pembinaan dan pelatihan kepada para petani sehingga mereka bisa mengembangkan budidaya bawang merah.

“Kami juga akan berkolaborasi dalam membantu memasarkan hasil panen bawang merah ini kepada para pedagang di sejumlah pasar, agar nilai jual hasil panen bawang merah tetap tinggi dan bisa bersaing untuk mensejahterakan para petani,” ucapnya.

Kawasan urban farming Korem 051/Wkt di Kecamatan Sukatani ini merupakan lokasi kedua setelah sebelumnya berhasil mengembangkan pertanian bawang merah di Taman Pancasila, Desa Wanajaya Kecamatan Cibitung.

Sumber: Diskominfosantik Kabupaten Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *