Jaga Kamtibmas Aman dan Kondusif, Personil Brimob Lakukan Pengamanan Ziarah Kubroh di Palembang 

Jaga Kamtibmas Aman dan Kondusif, Personil Brimob Lakukan Pengamanan Ziarah Kubroh di Palembang 

Palembang, Kabarnusa24.com

Komandan Batalyon A Pelopor Kompol A. Hanafi, S.H mengatakan, untuk mengawal kegiatan ini, setidaknya 1 Kompi yang berjumlah 100 anggota Batalyon A Pelopor diturunkan dilokasi. “Itu berupa pengamanan jalur, pam terbuka,” katanya, Minggu (12/03/2023)

Kompol Hanafi mengatakan, sudah terlebih dahulu mengadakan siaga dari hari jumat dan sabtu, guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan selama perjalanan ziarah ini. “Ketika jamaah bergerak, semua jalan yang mengarah ke pemakaman langsung kita amankan,” jelasnya.

Tahun ini Ziarah Kubro akan dilaksanakan pada mulai Jumat 10 s/d 12 Maret. Ziarah kubro adalah tradisi dimana umat Islam berziarah ke makam para ulama dan auliya Palembang. Ziarah kubro diprediksi akan diikuti puluhan ribu warga berjalan dari satu makam ke makan lainnya.

Menurut panpel tradisi ziarah itu akan dimulai dari Kambang Koci Kelurahan 5 Ilir, Kawah Tengkurep sampai ke wilayah Kecamatan Seberang Ulu (SU) II. Kemudian rombongan peziarah akan mendatangi makam ulama tersebut, memanjatkan doa dan membersihkan makamnya.

Menurutnya, Tradisi ini bukan hanya diikuti warga Palembang saja. Biasanya haul dan ziarah kubro ini juga banyak dihadiri oleh peserta dari mancanegera. Contohnya seperti yang berasal dari Arab, Hadromaut, Yaman, Tarin, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam.

 

Sumber : Humas Brimob

Penulis : Yuli

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *