Leadership School UBP Foundation, Memupuk Generasi Dalam Menyiapkan Pemimpin Sultra Di Masa Depan.

Leadership School UBP Foundation, Memupuk Generasi Dalam Menyiapkan Pemimpin Sultra Di Masa Depan.

Leadership School UBP Foundation, Memupuk Generasi Dalam Menyiapkan Pemimpin Sultra Di Masa Depan.

Kendari – Kabarnusa24. Com.

Leadership School UBP Foundation, Memupuk Generasi Dalam Menyiapkan Pemimpin Sultra Di Masa Depan.Kendari 19/3/2023.

Sulawesi Tenggara Merupakan daerah yang terbentuk seiring dengan perkembangan otonomi daerah sebagai upaya dan kesempatan bagi Setiap daerah untuk mengembangkan Potensi Sumber daya nya dalam rangka Mewujudkan Masyarakat Adil, Makmur, Sentosa, Maju, Mandiri, Sesuai Dengan Harapan Daerah, cita-cita dan Amanat Undang-undang Dasar 1945.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Di Perlukan Segenap Pikiran dan Kerja-kerja Kongkrit bagi setiap Orang dan kelompok baik pada Institusi negara yang resmi maupun Swasta yang bergerak pada sektor Apapun untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang mumpuni demi keberlanjutan dan keberlangsungan peradaban yang di cita-citakan.

Untuk menggapai itu semua, Unaaha Bakti Persada (UBP) foundation menggelar Sekolah Kepemimpinan dengan Tema “Menciptakan Pemimpin Muda Sulawesi Tenggara yang berkarakter, bertanggung jawab, dan berwawasan lingkungan“ yang dilaksanakan di Kota Kendari pada 16-18 Maret 2023. Hal tersebut merupakan sebuah tindakan nyata dalam membangun serta menyiapkan sumber daya manusia untuk mengisi ruang ruang publik dan melanjutkan peradaban yang sudah dimulai.

Di Forum ini ,banyak membantu peserta dalam menggali potensi diri serta menemukan sisi kreatif ketika menghadapi sebuah masalah dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan tidak sekedar itu, peserta di pacu untuk memberikan solusi dari banyak persoalan baik yang telah terjadi maupun yang belum terjadi sebagai langkah preventif dalam menyiapkan solusi dari kemungkinan masalah di masa yang akan datang.

Dalam kegiatan ini juga, Materi yang di siapkan sangat relevan dengan kebutuhan setiap peserta baik sebagai pribadi maupun manusia yang berkelompok di lingkungan masyarakat, Mulai dari Materi “Realitas Politik Praktis“ yang menyajikan berbagai fenomena masyarakat dalam menghadapi situasi perpolitikan “Pemilu” dengan segala persoalannya yang juga membawa peserta didik untuk melihat dari berbagai sudut pandang yang bermuara pada tumbuh kembangnya wawasan politik peserta didik.

Juga tidak kalah penting materi “Realitas Penegakan Hukum“ yang memaparkan bagaimana penegakan hukum kita yang masih melihat status sosial seseorang dalam memutuskan perkara hukum, serta bagaimana kemudian teknologi mempengaruhi putusan pengadilan dalam sebuah perkara yang berasal dari serbuan pendapat Netizen dan pengamat dunia maya.

Juga Materi “Realitas Pemerintahan“ yang membongkar berbagai sisi buruk dan tersembunyi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan di negara bahkan daerah kita, yang membuat peserta sadar bahwa mendedikasikan diri untuk menjadi kontrol sosial adalah jalan mulia untuk mencapai tujuan bernegara kita.

juga tidak kalah penting yaitu materi “Kewirausahaan“ yang mencoba membuka wawasan Financial serta mata peserta untuk kemudian melihat peluang peluang usaha di lingkungan sekitarnya sehingga bisa mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.

Dalam proses pelaksanaan kegiatan terutama pada pemilihan materi yang akan di bahas dan di diskusikan sudah begitu tepat untuk di sajikan kepada peserta, tetapi ada yang luput dari materi kegiatan ini. Yakni materi “Pancasila“.

Materi Pancasila seharusnya menjadi satu dari beberapa materi yang tersaji kan di forum ini. Sebab banyak permasalahan yang sudah di diskusikan pada materi lainnya berasal dari Pribadi dan kelompok yang tidak mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Tidak sekedar itu, Pancasila juga menjadi dasar dan pedoman manusia Indonesia dalam bermasyarakat sehingga di pandang perlu membahas dan mendiskusikannya. Sebab dengan membahas juga mempelajarinya akan tertanam jiwa Pancasila di setiap peserta yang di yakini dapat meminimalisir bahkan menghilangkan banyak masalah masalah yang di hadapi bangsa kita.

Selain itu juga Materi “Tata cara penulisan opini“ dipandang sangat perlu di sajikan, sebab dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat, Membuang wacana dan gagasan pada khalayak lebih awal sebelum gerakan merupakan hal yang tepat untuk dilakukan sehingga kami anggap perlu pendidikan atau pelatihan dalam menulis opini.

Dengan kurangnya materi pada kegiatan ini, tidak membuat Sekolah Kepemimpinan ini menjadi biasa, bagi penulis kegiatan ini tetaplah Luar Biasa Memberikan Kebaikan dan ke bermanfaatan sebab Dari materi yang di siapkan sudah sangat dan jauh memberikan Ilmu, Pengetahuan, serta wawasan baru kepada seluruh peserta.

Kami berharap, UPB foundation di contoh oleh banyak pihak agar menyiapkan forum dimana anak anak muda dapat melatih kreatifitasnya serta memupuk potensi yang dimilikinya. Juga kami berharap UBP FOUNDATION Terus melakukan Pelatihan dan Pendidikan seperti ini Guna Menyiapkan Generasi Penerus yang Mumpuni, Kompetitif, dan Berdaya Guna. Penulis: Iksan Binsar (Peserta School Leadership UBP Foundation)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *